Selasa, 23 Mei 2023 14:32

Kalimat Emas Presiden Xi tentang Pelestarian Keanekaragaman Hayati

Luar Negeri

Hari Senin, tanggal 22 Mei 2023, adalah Hari Keanekaragaman Hayati Internasional pertama setelah ‘Kerangka Kerja Keanekaragaman Hayati Global Kunming-Montreal’ diluluskan.

Presiden Xi Jinping pernah menyampaikan pidato virtualnya di depan KTT Keanekaragaman Hayati PBB pada bulan September 2020.

Bulan Oktober 2021, Presiden Xi secara virtual menghadiri Pertemuan Puncak Konferensi Para Pihak (COP) ke-15 Konvensi Keanekaragaman Hayati dan menyampaikan pidato penting.

Satu tahun kemudian, Presiden Xi menyampaikan pidato secara virtual di depan upacara pembukaan sidang tahap kedua COP ke-15 Konvensi Keanekaragaman Hayati pada bulan Desember 2022.

Di depan 3 konferensi internasional tersebut, Presiden Xi menyampaikan suara Tiongkok kepada seluruh dunia, menunjukkan gagasan Tiongkok mengenai pembentukan bersama Komunitas Senasib Sepenanggungan Bumi, dan menunjukkan kecerdasan Tiongkok tentang kehidupan harmonis antara manusia dengan alam.

Hari ini, mari kita mengenang kembali kalimat-kalimat emas dalam pidato Presiden Xi, untuk memahami lebih lanjut pentingnya pelestarian keanekaragaman hayati, dan melindungi kampung halaman bumi kita dengan aksi riil.

Kebangkitan Ekosistem sama dengan kebangkitan peradaban. Hendaknya bertanggung jawab pada peradaban umat manusia, menghormati alam, menyesuaikan diri dengan alam, melestarikan alam, dan menjajaki jalan kehidupan harmonis antar manusia dengan alam, mendorong koordinasi dan kesatuan perkembangan ekonomi dengan perlindungan ekologi, untuk bersama-sama membangun dunia yang makmur, bersih dan indah.

“Dari kecerdasan tradisional Tiongkok tentang pengintegerasian manusia dengan alam, sampai gagasan pembangunan baru yang inovatif, koordinatif, hijau dan terbuka, Tiongkok selalu mementingkan peradaban ekologis pada posisi yang menonjol, dan menggabungkannya ke dalam berbagai bidang dan seluruh proses pembangunan ekonomi dan sosial Tiongkok, berupaya membangun modernisasi kehidupan harmonis antara manusia dengan alam,” demikian pidato Presiden Xi dalam KTT Keanekaragaman Hayati PBB tanggal 30 September 2020.

“Manusia melestarikan gunung hijau, gunung hijau pasti akan memberikan balasan yang baik kepada manusia. Peradaban ekologis adalah arus sejarah perkembangan peradaban manusia. Mari kita bergandengan tangan, dengan menjunjung konsep peradaban ekologis, bertanggung jawab demi generasi mendatang, bersama-sama membangun komunitas senasib sepenanggungan bumi, serta bersama-sama membangun dunia yang bersih dan indah,” demikian pidato Presiden Xi dalam Pertemuan Puncak Para Pihak (COP) ke-15 Konvensi Keanekaragaman Hayati tanggal 12 Oktober 2021.

“Hendaknya mendorong pembangunan hijau melalui pelestarian keanekaragaman hayati, dan mempercepat pendorongan transformasi hijau cara pembangunan dan kehidupan, dengan Inisiatif Pembangunan Global sebagai panduan, membawa lebih banyak kesejahteraan bagi rakyat berbagai negara.

Hendaknya memelihara ketertiban global pelestarian keanekaragaman hayati yang adil dan rasional, dengan tegas mempertahankan multilateralisme sejati, dengan tegas mendukung sistem internasional dengan PBB sebagai intinya, dan ketertiban internasional yang berdasarkan hukum internasional, dengan demikian membentuk kekuatan besar untuk melindungi kampung halaman bumi.

Tiongkok sedang aktif mendorong pembangunan peradaban ekologis dan pelestarian keanekaragaman hayati, terus mementingkan keanekaragaman hayati sebagai arus utama, melaksanakan sistem garis merah perlindungan ekologi, mendirikan sistem cagar alam yang berfokus pada taman nasional, serta melaksanakan proyek penting terkait, melaksanakan pengawasan penegakan hukum yang terketat.

Kini sejumlah spesies binatang yang terancam punah telah dilindungi secara efektif, keanekaragaman, kestabilan dan keberlanjutan ekosistem terus ditingkatkan, Tiongkok telah menemukan solusi pelestarian keanekaragaman hayati yang berciri khas”, demikian pidato Presiden Xi dalam upacara pembukaan sidang tahap kedua COP ke-15 Konvensi Keanekaragaman Hayati tanggal 15 Desember 2022.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 269 Views

Update
No Update Available
Related News
Xi Jinping dorong bab baru Mongolia Dalam dari modernisasi ala Tiongkok
Inspeksi Xi Jinping ke Mongolia Dalam: Taman industri Zhonghuan
Aksi-aksi AS sulit cegah rekonsiliasi Timur Tengah
×