Selasa, 30 Mei 2023 14:02

Xi Jinping peduli pada para pekerja iptek

Luar Negeri

Hari Pekerja Iptek Nasional ke-7 jatuh pada tanggal 30 Mei. Pada hari yang sama tahun 2016, Presiden Xi menyampaikan pidato pentingnya dalam ‘Tiga Rapat tentang Iptek’, menyemangati para pekerja untuk belajar kepada negara iptek kuat di dunia.

Seperti sebelumnya, Presiden Xi selalu memperhatikan para pekerja iptek, beliau pernah memuji para akademisi yang melakukan pekerjaan luar biasa tapi menyembunyikan namanya, juga menilai tinggi kontribusi besar yang diberikan para ilmuwan yang mencurahkan seluruh tenaga mereka, beliau juga berharap dapat menarik para tenaga ahli demi negara, serta mendorong para pekerja iptek untuk berani terus maju dan giat bekerja. Bertepatan dengan Hari Pekerja Iptek Nasional ini, marilah kita bersama-sama mengenang kembali kisah Presiden Xi dengan para pekerja iptek.

Gambar 1
Pada bulan April tahun 2018, Presiden Xi Jinping datang ke Pangkalan Penelitian dan Pembenihan Nanfan Nasional, beliau memasuki lahan padi super dan berbincang-bincang dengan ahli padi Yuan Longping. Saat mendengar bahwa volume penghasilan padi hibrida telah berkali-kali menerobos rekor dunia, Xi Jinping sangat gembira. Satu tahun kemudian, menjelang genap 70 tahun berdirinya RRT, saat menganuhgerahkan Medali Republik kepada Yuan Longping, Xi Jinping menanyakan kemajuannya.

Yuan Longping mengatakan bahwa mereka sedang menuju target 1.200 kg per mu (mu=luas tanah, kira-kira sama dengan seperlima belas hektar). Pada tanggal 22 Mei tahun 2021, Yuan Longping meninggal dunia, Presiden Xi Jinping sangat mengapresiasi kontribusi besar yang diberikan Yuan Longping di bidang ketahanan pangan, invoasi iptek pertanian dan perkembangan pangan dunia. Beliau menuntut para anggota partai, kader dan pekerja iptek untuk belajar kepada Yuan Longping.

Pada tanggal 11 September tahun 2020, dalam temu wicara dengan para ilmuwan, Presiden Xi Jinping mengadakan perbincangan yang mengesankan dengan Fu Qiaomei, ilmuwan Paleontologi Vertebrata dan Paleoantropologi dari Akademi Iptek Tiongkok. Fu Qiaomei mengatakan, selama beberapa tahun ini, selalu ada orang bertanya, apa guna penelitiannya, dirinya pun pernah berpikir apakah ia perlu meneliti hal yang lebih populer, ia juga berharap negara tidak menilai dan mengembangkan penelitian berdasarkan penilaian berguna atau tidak berguna.

Setelah mendengarkan perkataan Fu Qiaomei, Presiden Xi Jinping menunjukkan, bagaimana pandangan terhadap hal yang tidak populer? Menurut konsep umum, hal yang tidak populer tidak berguna, pemahaman tersebut akan menghalangi usaha di berbagai bidang. Saat melakukan evaluasi usaha iptek dan penelitian, kita perlu mempunyai pandangan berjangka panjang, pandangan dunia dan dan pandangan iptek.

Pada tanggal 17 Desember tahun 2020, Wahana Chang’e yang membawa sampel bebatuan dan tanah bulan kembali mendarat di bumi setelah terbang selama 23 hari di luar angkasa. Ini merupakan aksi luar biasa yang membawa sampel tanah bulan kembali ke bumi setelah berselang selama lebih dari 40 tahun. Pada hari itu, Presiden Xi mengirim surat ucapan selamat kepada komando misi proyek eksplorasi bulan dan para pekerja yang berpartisipasi dalam misi Wahana Cheng’e -5.

Pada tanggal 22 Februari tahun 2021, saat bertemu dengan para wakil yang berpartisipasi dalam misi proyek eksplorasi bulan Chang’e-5 dan mengunjungi pameran sampel bulan dan hasil proyek eksplorasi bulan, Presiden Xi Jinping mengatakan, selama 17 tahun ini, para pekerja yang mengikuti penelitian dan pembangunan proyek eksplorasi bulan mengembangkan semangat eksplorasi bulan yang mengejar impian, menjelajah dengan berani dan bersama mengatasi kesulitan, bekerja sama dan menang bersama, serta terus mendaki puncak iptek yang baru, hal ini patut dirayakan, dan merupakan hal yang menggembirakan.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 255 Views

Update
No Update Available
Related News
Buka situasi baru kerja sama dan menang bersama
Majalah Qiushi rilis artikel Xi Jinping
Leaders Talk: Wawancara khusus dengan Presiden Kongo (Brazzaville)
×