Senin, 05 Juni 2023 13:40

Makna penting dari inspeksi Xi Jinping ke ‘Landmark Budaya’ Tiongkok

Luar Negeri

Tanggal 1 dan 2 Juni lalu, pemimpin tertinggi Tiongkok Xi Jinping telah melakukan inspeksi ke dua ‘landmark budaya’ baru Tiongkok, yaitu Arsip Publikasi dan Budaya Nasional Tiongkok, serta Akademi Sejarah Tiongkok, dan menghadiri temu wicara seputar perkembangan warisan budaya, untuk pertama kalinya mengajukan pembangunan peradaban modern bangsa Tionghoa. Apa makna dari inspeksi Xi ke dua ‘landmark budaya’ tersebut? Dan apa kaitannya antara peradaban modern bangsa Tionghoa dengan peradaban bangsa Tionghoa yang tak pernah terputus selama 5.000 tahun lalu?
Makna Penting dari Inspeksi ke Dua ‘Landmark Budaya’ Tiongkok
Arsip Publikasi dan Budaya Nasional Tiongkok berfungsi untuk mengoleksi sejumlah besar buku dan catatan berharga yang diwarisi bangsa Tionghoa secara turun-temurun, layak diapresiasi sebagai ‘Bank Gen Bibit’ budaya bangsa Tionghoa. Pembangunan ‘landmark budaya’ tersebut bertujuan untuk terus mewarisi satu-satunya peradaban di dunia yang tak pernah terputus itu.
Misi utama Akademi Sejarah Tiongkok adalah bertanggung jawab untuk mengorganisir dan melaksanakan proyek akademik penting ilmu sejarah nasional, dan berupaya untuk melakukan penelitian dan menjelaskan asal usul peradaban bangsa Tionghoa.
Dalam kurun waktu satu dekade ini, di berbagai museum dan landmark budaya di sejumlah daerah di Tiongkok terdapat ‘jejak budaya’ Xi Jinping. “Saya ingin mengetahui dari mana kami berasal dan ke mana kami akan menuju”, papar Xi Jinping mengenai afinitas budayanya.
Xi Jinping pun telah memaparkan motif penting dari inspeksi kali ini. “Zaman kita sekarang ini, negara makmur, masyarakat aman dan stabil, berkemampuan dan bersedia mewarisi budaya bangsa, misi penting tersebut hendaknya dilaksanakan dengan baik.” Apa yang dimaksud dengan ‘zaman kita sekarang ini’ oleh Xi Jinping adalah era baru yang dimulai dari tahun 2012 di Tiongkok, era baru selama satu dasawarsa ini, Tiongkok telah mengalami reformasi historis dan mencapai prestasi bersejarah, berhasil menyelesaikan misi bersejarah mengentaskan kemiskinan secara menyeluruh dan membangun masyarakat sejahtera secara komprehensif. Yang dimaksudkan ‘misi penting’ oleh Xi Jinping adalah menciptakan budaya baru yang sesuai dengan era baru, dan membangun peradaban modern bangsa Tionghoa.

Apa kaitan antara peradaban modern dengan peradaban bangsa Tionghoa yang sudah berlangsung selama 5.000 tahun?
Xi Jinping selalu menaruh perhatian besar pada perlindungan, pewarisan serta inovasi dan perkembangan budaya tradisional unik bangsa Tionghoa. Beliau dengan akurat menguraikan keunikan peradaban bangsa Tionghoa dan pengaruhnya terhadap peradaban modern. Yang pertama, peradaban bangsa Tiongkok menunjukkan keberlanjutan yang konsisten, di mana bangsa Tiongkok ditakdirkan untuk menempuh jalannya sendiri. Yang kedua, peradaban bangsa Tionghoa sangat kreatif, hal tersebut telah membentuk semangat giat dan karakter berani bangsa Tionghoa. Yang ketiga, unifikasi peradaban bangsa Tionghoa telah membentuk budaya berbagai etnis bangsa Tionghoa berintegrasi, penyatuan kembali negara senantiasa menjadi intisari kepentingan utama Tiongkok, bangsa yang teguh dan bersatu menjadi takdir rakyat berbagai etnis Tiongkok. Keempat, keinklusifan peradaban Tionghoa telah membina sikap terbuka budaya Tionghoa yang beradaptasi pada peradaban dunia. Kelima, peradaban bangsa Tiongkok bersifat damai, Tiongkok tidak akan memaksakan pandangan nilai dan sistem politiknya kepada orang lain, Tiongkok selalu mempertahankan kerja sama dan menolak perselisihan, tidak akan pernah membentuk kelompok kecil untuk ‘bersekutu dan melawan pihak yang berpendirian berbeda’.
Bagaimana penjelasan Xi Jinping seputar pembangunan Peradaban Modern Bangsa Tionghoa?
Xi Jinping menekankan bahwa modernisasi ala Tiongkok telah memperoleh kekuatan modernisasi dari peradaban bangsa Tionghoa, sementara peradaban bangsa Tionghoa pun memperoleh keyakinan budaya yang mendalam dari modernisasi ala Tiongkok. Tiongkok telah menciptakan dan mengembangkan sosialisme berkarakteristik Tiongkok di atas dasar peradaban bangsa Tionghoa yang mendalam dan telah berlangsung sejak 5.000 tahun lalu, mengombinasikan teori dasar Marxisme dengan keadaan riil Tiongkok, serta budaya tradisional unik bangsa Tionghoa, telah menciptakan sebuah bentuk kehidupan budaya baru yang organik dan bersatu. Dari situ, pikiran sosialisme berkarakteristik Tiongkok di era baru yang dibangun atas dasar tersebut pun dianggap sebagai inovasi teoritis dan sistem partai komunis Tiongkok, dan juga merupakan pemahaman mendalam terhadap aturan pembangunan peradaban Tionghoa, menunjukkan bahwa keyakinan sejarah dan keyakinan budaya partai komunis Tiongkok telah mencapai ketinggian yang baru.
Xi Jinping menekankan bahwa pembangunan peradaban modern bangsa Tionghoa hendaknya mempertahankan keyakinan budaya, menempuh jalannya sendiri, dan merealisasi semangat independen. Hendaknya berpegang teguh pada pendirian yang terbuka dan inklusif, mempertahankan integritas dan inovasi, mewarisi dan meneruskan konteks budaya dan sejarah, serta menulis lembaran baru yang gemilang di era baru.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 386 Views

Update
No Update Available
Related News
Buka situasi baru kerja sama dan menang bersama
Majalah Qiushi rilis artikel Xi Jinping
Leaders Talk: Wawancara khusus dengan Presiden Kongo (Brazzaville)
×