Rabu, 07 Juni 2023 11:05

Inisiatif ‘sabuk dan jalan’ makin ‘laris’ di Amerika Latin

Luar Negeri

Mantan Presiden Kolombia Ernesto Samper baru-baru ini dalam wawancaranya menyatakan, “Kami yang terletak di sebelah Pasifik sini mengharapkan inisiatif pembangunan bersama itu bakal melintasi Samudera Pasifik.”

Inisiatif pembangunan bersama yang dikatakan mantan presiden Kolombia tersebut adalah inisiatif ‘Sabuk dan Jalan’ yang diajukan Tiongkok.

Di kawasan Amerika Latin, popularitas pembangunan bersama ‘Sabuk dan Jalan’ dengan Tiongkok semakin meningkat. Salah satu hal yang representatif adalah dalam kunjungan Menteri Perdagangan Argetina ke Tiongkok beberapa hari yang lalu, Tiongkok dan Argentina menandatangani rencana kerja sama untuk mendorong bersama inisiatif ‘Sabuk dan Jalan’. Ini merupakan satu lagi hasil kerja sama Tiongkok-Argentina setelah Argentina resmi bergabung dalam inisiatif ‘Sabuk dan Jalan’ pada bulan Februari lalu, dan ini berarti kedua pihak akan mendorong kemajuan kerja sama di berbagai bidang yang lebih mendalam melalui aksi-aksi nyata.

Menurut statistik terbaru, sejauh ini, sebanyak 21 negara Amerika Latin telah berpartisipasi dalam inisiatif ‘Sabuk dan Jalan’. Inisiatif tersebut semakin disambut baik di Amerika Latin karena telah mendatangkan keuntungan yang sesungguhnya bagi rakyat mereka melalui kerja sama yang luas dan mendalam.

Kini, Tiongkok telah 10 tahun berturut-turut menjadi mitra dagang terbesar ke-2 bagi Amerika Latin. Pada tahun 2022, nilai dagang Tiongkok-Amerika Latin mencetak rekor sebesar US$ 485,79 miliar. Salah satu efek langsung dari ‘Sabuk dan Jalan’ adalah meningkatnya volume perdagangan Tiongkok dengan Amerika Latin, Tiongkok telah berbagi dividen pertumbuhan ekonominya dengan Amerika Latin.

Selain itu, sejumlah proyek kerja sama ‘Sabuk dan Jalan’ yang dilakukan di daerah-daerah terpencil negara-negara Amerika Latin juga telah secara langsung mendorong pembangunan dan lapangan kerja setempat, sekaligus memperbaiki kehidupan rakyat.

Yang lebih penting lagi, inisiatif ‘Sabuk dan Jalan’ telah mendatangkan energi baru bagi pembangunan negara-negara Amerika Latin, sekaligus meningkatkan kemampuan pembangunan sendiri.

Tokoh-tokoh Amerika Latin berpendapat, inisiatif ‘Sabuk dan Jalan’ tidak bersifat wajib dan tidak disertai syarat politik, melainkan memberikan pemikiran dan pola baru pembangunan.

Tahun 2023 bertepatan dengan peringatan satu dekade peluncuran inisiatif ‘Sabuk dan Jalan’. Tiongkok sedang mendorong modernisasi ala Tiongkok yang bermutu tinggi, hal ini akan mendatangkan lebih banyak peluang kepada negara-negara di dunia termasuk Amerika Latin. Dengan menumpang ‘kereta cepat’ ‘Sabuk dan Jalan’, kerja sama Tiongkok-Amerika Latin dipercaya akan diperdalam lebih lanjut, dan mendatangkan lebih banyak manfaat kepada rakyat kedua pihak.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 394 Views

Update
No Update Available
Related News
Buka situasi baru kerja sama dan menang bersama
Majalah Qiushi rilis artikel Xi Jinping
Leaders Talk: Wawancara khusus dengan Presiden Kongo (Brazzaville)
×