Kamis, 18 April 2024 12:27

Tiongkok percepat pembentukan Jaringan Transportasi Komprehensif Tiga Dimensi

Luar Negeri

Presiden Tiongkok Xi Jinping menjelaskan, pembangunan sistem transportasi berkelanjutan yang aman, nyaman, berefisiensi tinggi, hijau, hemat biaya, inklusif, dan tangguh, merupakan langkah penting untuk mendukung dan melayani perkembangan berkualitas tinggi ekonomi dan sosial, serta mewujudkan visi indah “masyarakat menikmati perjalanan, komoditi dan transportasi berjalan lancar”.

Dewasa ini, Tiongkok sedang mempercepat pembangunan jaringan transportasi komprehensif tiga dimensinya, untuk memberikan jaminan kuat bagi perkembangan ekonomi berkualitas tinggi dan modernisasi ala Tiongkok.

Transportasi bagaikan “pemburuh darah” ekonomi nasional. Pada bulan September 2019, ketika menghadiri upacara peresmian Bandara Internasional Daxing di Beijing, Xi Jinping menekankan untuk membangun lebih banyak hub penerbangan yang lebih canggih, sistem transportasi komprehensif yang lebih sempurna, dan mempercepat pembangunan negara kuat transportasi.

Pada bulan September 2023, Xi Jinping mengirimkan surat ucapan selamat kepada Forum Transportasi Berkelanjutan Global, dia menunjukkan, Tiongkok sedang mempercepat pembangunan negara kuat transportasi, dan akan terus berhubungan dengan dunia dan beradaptasi dengan zaman, berupaya mendorong kerja sama transportasi global, serta menyediakan peluang baru kepada dunia dengan pembangunan Tiongkok.

Demi mempercepat pembangunan negara kuat transportasi, Tiongkok terus menyempurnakan sistem kebijakan perencanaannya, menyempurnakan mekanisme pelaksanaan, melakukan uji coba terlebih dahulu, serta memperdalam reformasi sistem transportasi, dan mendorong inovasi untuk memperluas skala investasi yang efektif.

Dalam satu dekade terakhir ini, Tiongkok telah mendirikan jaringan kereta cepat dan jaringan jalan tol terbesar di dunia, transportasi udara dan lautnya sudah menjangkau seluruh dunia. Jarak total jaringan transportasi komprehensif melampaui 6 juta km, di antaranya, total jarak tempuh rekonstruksi jalan pedesaan di seluruh Tiongkok sekitar 2,7 juta km, telah menyelesaikan kesulitan pembangunan jalan semen (cement roads) untuk belasan ribu desa dari 1.100 kecamatan.

Tahun ini, Tiongkok masih akan memperluas pekerjaan berdasarkan 424 proyek uji coba, serta meningkatkan inovasi iptek, mendorong transportasi berkembang secara cerdas dan hijau. Sementara itu, Tiongkok juga berencana mempercepat proyek Kereta Kargo Tiongkok-Eropa (China-Europe Railway Express ) dan Ekspres Darat-Laut Tiongkok-Eropa, membentuk jaringan interkonektivitas tiga dimensi “Sabuk dan Jalan”.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 252 Views

Update
No Update Available
Related News
Episode Ke-16 berjumpa dengan V|Aleksandar Vucic: Saya berencana menulis sebuah memoar tentang kami
Wawasan depan kunjungan Presiden Xi Jinping ke tiga negara Eropa
Episode Ke-16 berjumpa Xi Jinping
×