Senin, 26 Agustus 2024 10:17

Percepat perkembangan industri robot, ciptakan dinamika baru pembangunan berkualitas tinggi

Luar Negeri

Pada tahun 2015, Presiden Tiongkok Xi Jinping dalam surat ucapan selamatnya berkenaan dibukanya Konferensi Robot Dunia Pertama menunjukkan, seiring dengan terus berintegrasinya informatisasi dan industrialisasi, berkembang pesatnya industri cerdas yang diwakili oleh teknologi robotika telah menjadi tanda penting dalam inovasi iptek modern.

Selama satu dekade terakhir ini, industri robot Tiongkok mewujudkan lompatan historis “dari kecil hingga besar” dan “dari besar hingga kuat”, dengan langkah yang besar memasuki tahap pembangunan berkualitas tinggi. Kini, Tiongkok telah menjadi pasar robot industri dan produsen terbesar di dunia, dan telah menyumbangkan kekuatan Tiongkok kepada pembangunan global.

Pada tahun 2015, Presiden Tiongkok Xi Jinping dalam surat ucapan selamatnya kepada Konferensi Robot Dunia Pertama menyatakan, Tiongkok bersedia meningkatkan kerja sama dengan kalangan iptek dan industri berbagai negara, mendorong proses litbang dan industrialisasi teknologi robotika, agar teknologi robotika dan produknya dapat mendorong pembangunan dan menyejahterakan rakyat dengan lebih baik.

Selama satu dekade terakhir ini, Konferensi Robot Dunia telah menarik lebih dari 1 juta orang untuk berpartisipasi, menjadi sebuah pesta “pembimbing inovatif”, “pendorong industri” dan “kerja sama internasional” di bidang robotika global.

Sebagai tempat tetap penyelenggaraan Konferensi Robot Dunia, pendapatan total industri robot Beijing pada tahun 2023 melebihi 20 miliar yuan. Di bidang penting integrasi mendalam teknologi kecerdasan buatan dan ekonomi riil, industri robot sedang berintegrasi dalam produksi dan kehidupan masyarakat dengan luas dan kedalaman yang belum pernah ada sebelumnya.

Kini, Tiongkok telah menjadi kekuatan penting di bidang inovasi iptek, aplikasi dan perluasan serta tata kelola bidang robotika global, perusahaan tipe baru inovasi bidang robotika terus membesar, sedangkan perusahaan “raksasa kecil” terkait yang profesonal, akurat dan khas berjumlah lebih dari 400 buah.

Dengan demikian, Tiongkok telah menjadi produsen dan pasar robot industri terbesar di dunia. Bidang aplikasi “robot plus” diperluas dengan cepat, robot industri telah mencakup 71 kategori industri ekonomi nasional, teknologi robotika secara mendalam telah berintegrasi dalam darah perkembangan ekonomi Tiongkok, dan sedang dengan cepat membentuk tenaga produktif berkualitas baru yang dipimpin oleh inovasi iptek dan inovasi industri.

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 376 Views

Update
No Update Available
Related News
Xi Jinping mengadakan inspeksi di Kota Lanzhou Gansu
“Guru Besar” di mata Presiden Xi Jinping
Xi Jinping temui PM Spanyol
×