Sabtu, 31 Agustus 2024 15:29

Wujud Nyata Ketahanan Pangan, Koramil 03/Grogol Petamburan panen raya budidaya ikan bersama masyarakat

Peristiwa

Jakarta Barat - Dalam rangka membangun kemandirian masyarakat melalui potensi wilayah dan sebagai wujud nyata ketahanan pangan, Koramil 03/Grogol Petamburan - Kodim 0503/Jakarta Barat menggelar Panen Raya Budidaya Ikan Air Tawar bersama Warga Masyarakat, bertempat di Waduk Komplek Hankam, Jl. Merak RT.001/RW.02 Kelurahan Palmerah, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat. Sabtu (31/8/2024).

Tampak, Batuud Peltu Edi Rustandi bersama para personel Koramil 03/Grogol Petamburan melaksanakan panen raya budidaya ikan air tawar secara manunggal bersama warga masyarakat setempat dengan cara menebar jaring ke dalam air waduk secara gotong royong.

Komandan Koramil 03/GP Mayor Inf Manatap Rajagukguk, S.E., M.H., M.M., saat dikonfirmasi awak media mengatakan, “Dalam rangka program kegiatan bakti kemandirian masyarakat melalui pemberdayaan potensi wilayah, pada hari ini, Koramil 03/Grogol Petamburan melaksanakan Panen Raya Budidaya Ikan Air Tawar bersama warga masyarakat di Waduk Hankam Palmerah”.

“Program ini merupakan kepedulian dari TNI kepada masyarakat guna mendukung ketahanan pangan. Program ini dimulai pada tanggal 13 Desember 2023 lalu, kami menebar benih bibit ikan sebanyak 1000 ekor yang terdiri dari ikan mujair, ikan patin, ikan mas, ikan nila dan ikan lele. Dan puji Tuhan, setelah 8 (delapan) bulan lamanya benih ikan tersebut dibudidaya, hari ini ikan-ikan tersebut bisa dipanen, dengan hasil ukuran yang cukup besar dan bobot yang cukup berat,” urai Danramil.

“Selain mendukung ketahanan pangan, tujuan program budidaya ikan air tawar ini adalah kami dapat meningkatkan potensi dan pemberdayaan warga masyarakat, serta juga turut merawat kebersihan waduk, dan ikan-ikan ini juga telah membantu memperbaiki ekosistem yang ada di Waduk Hankam ini,“ ujar Danramil.

“Hasil panen budidaya ikan air tawar di Waduk Hankam Palmerah antara lain ikan patin, ikan nila, ikan mujair, ikan lele dan ikan mas. Dengan estimasi berat total sekitar 93 kg dan sekitar 90 % ikan hasil panen tersebut diberikan untuk warga masyarakat sekitar,” pungkas Danramil 03/GP menutup wawancara.

Mulyadi (45), salah seorang warga setempat yang mengikuti panen raya budidaya ikan air tawar tersebut mengatakan, dirinya sangat senang bisa ikut ambil bagian dalam kegiatan ini, sehingga tercipta kebersamaan antara TNI dengan rakyat. Dan juga bisa menikmati hasil panen yang diberikan oleh Personil Koramil 03/GP.

(M.Solichin)

favorite 0 likes

question_answer 0 Updates

visibility 158 Views

Update
No Update Available
Related News
Jam komandan, Danrem 052/Wijayakrama sampaikan pesan mendalam kepada prajuritnya
Kunjungan Bersejarah: Danrem 052/Wkr pimpin langsung pengamanan kedatangan Paus Fransiskus di Indonesia
Wujud Nyata Ketahanan Pangan, Koramil 03/Grogol Petamburan panen raya budidaya ikan bersama masyarakat
×