Senin, 20 Februari 2017

Pasukan Garuda Berikan Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Pasar Kongo

(Kongo. Rabu, 8 Juni 2016). Pasukan Garuda yang tergabung dalam Satgas Kizi TNI Konga XX-M/Monusco (Mission de L’Organisation des Nations Unies pour La Stabilisation en Republique Democratique du Congo) dibawah pimpinan Letkol Czi Sriyanto, MIR., M.A. sebagai Komandan Satgas (Dansatgas), beberapa waktu lalu menjadi penggagas kegiatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Internasional bertempat di Pasar Kongo, Kota Dungu, Republik Demokratik Kongo.

Kegiatan yang dilakukan Pasukan Garuda Konga XX-M/Monusco dimulai dengan Penyuluhan Kesehatan yang disampaikan oleh Serka Anshori yang fasih berbahasa Lingala (bahasa lokal kota Dungu), sehingga penyuluhan dapat lebih dipahami oleh masyarakat lokal. Penyuluhan diantaranya tentang pola hidup bersih, cara mencuci tangan yang benar dan penggunaan air bersih, dilanjutkan dengan pelayanan pengobatan secara cuma-cuma bagi masyarakat lokal.

Untuk mendukung kegiatan pelayanan kesehatan, Letnan Satu Dr. Kirby mengatakan bahwasanya Level 1 Hospital Satgas Kizi Konga XX-M/Monusco menyiapkan 300 alat tes malaria, obat malaria, oralit, bedak kulit, cairan antiseptik, anti serangga, antibiotik dan obat pendukung lainnya yang disesuaikan dengan penyakit infeksi tropis yang sering dialami warga.

Letnan Satu Isa Akbar sebagai koordinator acara Cimic (Civil Military Coordination) menyampaikan bahwa antusiasme warga lokal sangat baik, dilihat dengan jumlah partisipasi warga yang mengikuti penyuluhan dan pengobatan mencapai 400 orang dalam waktu pelaksanaan acara selama 4 jam.

Dansatgas Kizi TNI Konga XX-M/Monusco Letkol Czi Sriyanto MIR., M.A., menyampaikan, bahwa dalam rangkaian kegiatan tersebut juga dilaksanakan pembersihan pasar dari tumpukan sampah dan saluran air yang tergenang, serta menyiapkan mobil tanki air bersih berkapasitas 5.000 liter yang didistribusikan saat acara, untuk mengajak warga menggunakan air bersih dalam mencuci tangan, minum dan memasak.

“Agar kegiatan postif serupa bagi masyarakat lokal diadakan secara berkesinambungan, sehingga keberadaan pasukan penjaga perdamaian tidak hanya merupakan simbol tetapi memiliki peran nyata bagi peningkatan taraf hidup masyarakat Kongo,” kata Dansatgas Kizi TNI.

Acara yang diwadahi oleh Monusco tersebut juga didukung oleh Tentara Nasional Kongo (FARDC) dan Level 1 Hospital Maroko. Penda Ly sebagai Kepala Civil Affair Monusco mengapresiasi peran Pasukan Garuda Satgas Kizi TNI Konga XX-M/Monusco yang mampu mengakomodir acara Hari Lingkungan Hidup Internasional tersebut, sehingga berdampak nyata bagi peningkatan kualitas hidup warga lokal khususnya di kota Dungu.
REDAKSI-SiK

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.