Rabu, 26 Juli 2017

Kicau burung ramaikan Dermaga Konlinlamil

Setelah sukses di Taman Sidoarjo Juni lalu, ratusan pecinta burung kicau kembali meramaikan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-55 Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil). Kontes burung kicau ini dibuka oleh Panglima Kolinlamil Laksamana Muda TNI Aan Kurnia di Dermaga Kolinlamil, Jakarta, Minggu (31/7) lalu.

Dalam penyelenggaraan kontes ini, Kolinlamil bekerja sama dengan komunitas pecinta burung kicau dari Ronggolawe Community, yang diketuai Ahmad Budiono dan dalam kesempatan ini diwakili Sekjennya John Biver, S.H.

Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, mengatakan masih dalam suasana HUT ke-55 Kolinlamil, Kolinlamil berusaha menyelenggarakan kegiatan yang berinteraksi langsung dengan masyarakat yang tujuannya untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakat dengan TNI AL (Kolinlamil), yang salah satunya yaitu kontes burung kicau.

“Dalam rangka Ulang Tahun Kolinlamil yang ke 55 ini, Kolinlamil berusaha merangkul masyarakat khusus saudara-saudara kita yang senang dan hobi dengan burung berkicau. Kita mewadahi ini dengan harapan selain Kolinlamil bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat juga saudara-saudara kita yang memiliki hoby burung kicau bisa menyalurkan hobinya, menyalurkan kegemarannya dan bisa melihat kehebatan burung peliharaannya masing-masing saat mengikuti kontes,” ujar Pangkolinlamil.

Lebih lanjut Pangkolinlamil menjelaskan, kegiatan kicau burung ini masih terkait dengan perayaan HUT ke-55 Kolinlamil, khusus kontes burung yang sebelumnya (20/6) dilaksanakan di Surabaya. Untuk di Jakarta kegiatan kicau burung ini diwadahi Komandan KRI Tanjung Nusanive 973 Letkol Laut (P) Rapy Tadung.

“Bila ini berjalan dengan lancar dan sukses, maka kegiatan kontes burung kicau ini, Kolinlamil akan agendakan penyelenggaraannya sekali setahun dan akan kita siapkan piala bergilir,” ujarnya.

Kontes burung kicau yang diselenggarakan Kolinlamil di Dermaga Mako Kolinlamil ini cukup membius para mania burung kicau se-Jakarta. Sebanyak seribu orang peserta kontes berdatangan membawa burung andalannya dari berbagai jenis ikut lomba, bahkan satu peserta ada yang membawa dua jenis burung peliharaannya.

Kontes burung kicau yang diselenggarakan mulai dari jam 10.00 pagi hingga pukul 17.00 sore hari minggu tersebut, ternyata total jumlah burung yang ikut kontes sesuai data dari panitia penyelenggara tercatat 1600 ekor burung kicau dari berbagai jenis.

Setiap jenis dan kelas burung kicau diambil jual satu, dua dan ketiga. Selain mendapat hadiah berupa uang pembinaan yang disiapkan dari panitia Ronggolawe, para peserta kontes yang masuk nomor satu, dua dan tiga mendapat tropi yang terbuat dari seloncong peluru, medali dan sertifikat dari Panglima Kolinlamil.

Sebanyak 34 jenis burung kicau yang ikut dalam kontes tersebut diantaranya, jenis burung kicau Love bird A, Cucak Hijau A, Punglor Merah A, Cendet A, Love Bird Murai Batu A, Kacer A, Love Bird C, Cucak Hijau B, Kenari A, Love Bird D, Murai Batu B, Punglor Merah B, Love Bird D, Cucak Hijau C, Pleci A, Love Bird F, Pleci B, Love Bird H, dan Cendet B.

Pangkolinlamil Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos. bersama dengan Kaskolinlamil dan pejabat Kolinlamil lainnya melepas burung secara simbolis menandai Lomba Kicau Burung Pangkolinlamil 3.
REDAKSI-DeN

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.