Sabtu, 19 Agustus 2017

Djamhari sang penemu Kretek

Djamhari Penemu Kretek: 100 Tahun Sejarah yang Terpendam dan Lika-liku Pencarian Jejaknya. Penulis buku: Edy Supratno, pengantar: Mohamad Sobary , penerbit: Pustaka Ifada, halaman: 254 + xvii, cetakan I : Mei 2016.

Tidak akan ada lagi yang bisa menyangkal, kretek sebagai warisan budaya penemuan putra bangsa Indonesia, dengan hadirnya buku Djamhari Penemu Kretek: 100 Tahun Sejarah yang Terpendam dan Lika-Liku Pencarian Jejaknya. Sebuah buku menarik yang berkisah tentang proses menemukan sang penemu kretek, yang risetnya dilakukan oleh sejarawan Kudus lulusan Magister Ilmu Sejarah dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Edy Supratno.
Melakukan riset ini, bukan hal yang mudah. Sebab, penggalian data dilakukan tidak hanya di Indonesia saja, tetapi juga sampai di negeri Belanda. Namun itu terbayar, setelah mantan jurnalis grup Jawa Pos itu berhasil menemukan jejak sang penemu kretek dan juga menemukan di mana makamnya berada.
Bagi kamu yang tertarik dengan kajian kretek atau bidang sejarah, buku ini sangat menarik. Apalagi sebagai jurnalis senior, Edy Supratno menghadirkan buku ini dengan narasi yang enak dibaca, sehingga tidak membosankan. Selamat membaca!
REDAKSI-der

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.