Selasa, 17 Januari 2017

Api akibat arus pendek listrik lahap lima ruko dan dua kios

Jailolo - Di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) kembali terjadi kebakaran yang disebabkan oleh arus pendek listrik, sehingga mengakibatkan koslet terhadap alat maupun barang elektronik yang tidak bisa lagi dihentikan.

Kali ini, sang jago merah tersebut melahap lima ruko dan dua kios di Pasar Akelamo, Desa Akelamo, Kecamatan Sahu, Kabupaten Halbar, Selasa (18/10) pukul 21.15 WIT kemarin.

Api berawal dari salah satu kios penjual es batu milik ibu Weni (37) asal Buton, di mana bangunannya tersebut terbuat dari bahan papan yang berdempetan dengan kios pecah belah yang menjual alat-alat dapur seperti ember plastik, timba juga jok kasur, dan sembilan bahan pokok, pemilik Anto (37) asal Buton juga, dan Madun pemilik salah satu ruko yang menjual es batu dan makanan. Disinyalir terjadi koslet arus pendek di bagian belakang rumah tepatnya pada Kulkas Weni. Sehingga hal itu tidak dapat dihentikan, dengan begitu cepat si jago merah menjalar hingga pada kios dan ruko-ruko di sekitarnya.

"Api begitu cepat merambat, sehingga langsung menjalar di tempat lain," jelas salah satu orang saksi mata Laode Safurudin (39) Buton kepada wartawan ini.

Berselang kurang lebih 10 menit, sempat terjadi ledakan yang disinyalir dari kulkas yang mendapatkan arus listrik tersebut sehingga membuat dua kios dan lima ruko tersebut habis terbakar.

Pemadam kabakaran baru mucul pada pukul 22.00 WIT sudah berselang kurang lebih 45 menit. Kemudian api baru bisa dipadamkan pada pukul 22.27 WIT saat pemadam kebakaran mendapat bantuan dari dua Unit mobil PDAM Halbar. Saat itu juga, Wakil Bupati Halbar Ahmad Zakir Mando didampingi Kasatpol PP Gunawan MT Ali tiba dilokasi.

Kejadian itu tidak memakan korban jiwa melainkan kerugian materil hingga ratusan juta, di antaranya lima ruko yang berkisar Rp250 juta dan kios Rp50 juta.

Hingga berita ini dinaikkan pihak Polres Halbar masih mengidentifikasi terjadinya kebakaran tersebut.
REDAKSI-der

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.


IdA Kebakaran