Senin, 18 Desember 2017

Tugu 'Lilin' Pahlawan yang terlupakan

'Pahlawanku. Engkau Gugur Dalam Meratas Djalan Kemerdekaan ! Kitalah Jang Membina Kemerdekaan Itu Dengan Djiwa Kepahlawananmu ! Pati 10-11-1951'

Begitu rangkaian kata naif tapi penuh makna. Tertatah diatas lempengan pualam putih. Melekat dibawah Tugu Pahlawan setinggi 10 meter berbentuk nyala lilin.

Tugu Pahlawan sederhana itu, berdiri didepan komplek eks Kantor Residen Pati, yang dibangun Belanda tahun 1875-an, di Jl Sudirman, Pati, Jateng.

Dilokasi itu pernah terjadi pertempuran. Pasukan Belanda dengan Tentara Pelajar (TP) sebelum kemerdekaan RI. Beberapa TP gugur ditempat itu.

Mengenang kepahlawanan mereka. Didirikan Tugu 'Lilin' Pahlawan. Tapi monumen yang letaknya agak tersembunyi itu, kini seakan diabaikan orang.
REDAKSI-Wa

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.