Kamis, 21 September 2017

Kisah 'Bulus Duda' di Sendang Sani keramat

Di Desa Sani Tamansari, Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, terdapat 'Sendang (telaga) Sani' tempat keramat warisan Sunan Bonang, dihuni Kura/Bulus jantan dinamai Ki Duda, dipercayai jelmaan murid Sunan Bonang.

Cerita Mbah Ngarso (78), juru kunci tempat keramat itu, peziarah datang di tempat keramat itu dari berbagai daerah Indonesia. Mereka berziarah agar cita-cita yang diinginkan terwujud.

Jika Bulus Ki Duda dipanggil oleh Mbah Ngarso dan muncul di permukaan air, lalu memakan 'roti' yang dibawa peziarah, pertanda cita-cita si peziarah (apapun yang diinginkan) akan terwujud.

Ki Duda berdiameter 50 cm, jelmaan murid Sunan Bonang. Saat itu, ditanya Sunan Bonang, tapi tidak menjawab. 'Diam saja seperti Bulus', ujar Sunan Bonang. Seketika si murid berubah jadi Bulus.
REDAKSI-der

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.