Jumat, 15 Desember 2017

Dandim 0601/Pandeglang tinjau lokasi banjir 

Komandan Kodim 0601/Pandeglang Letkol Inf Ganiahardi meninjau lokasi banjir di wilayah Koramil 0111/Pagelaran, yaitu Kecamatan Pagelaran, Patia dan Kecamatan Sukaresmi.

Banjir yang melanda kabupaten Pandeglang terjadi di beberapa tempat dan yang terluas di wilayah Koramil 0111/Pagelaran, terdiri dari Kecamatan Pagelaran, sebanyak 3 (tiga) desa, yaitu Desa Pagelaran, Desa Sukadame dan Desa Bulagor.

Di Kecamatan Patia sebanyak 7 (tujuh) desa, yaitu Desa Surianeun, Desa Ciawi, Desa Rahayu, Desa Cimoyan, Desa Idaman, Desa Babakan Keusik dan Desa Patia.

Sedangkan di Kecamatan Sukaresmi 8 (delapan) desa, yaitu Desa Ini Cikuya, Desa Cibungur, Desa Kubang Kampil, Desa weru, Desa Perdana, Desa Sukaresmi, Desa Sidamukti dan Desa Karyasari.

Banjir di wilayah tersebut diakibatkan hujan terus menerus dan pasang air laut sehingga meluapnya dua sungai besar, yaitu sungai Ciliman yang melintas di wilayah Kecamatan Pagelaran dan Kecamatan Patia sedangkan Sungai Cilemer melintasi wilayah Kecamatan Sukaresmi. Kedua sungai tersebut bermuara ke Laut Selat Sunda.

Akibat Sungai Cilemer meluap akses jalan dari Kecamatan Pagelaran ke Kecamatan Patia terputus tidak dapat dilalui kendaraan, tidak ada jalur arternatif sehingga masyarakat yang akan menggunakan jalan tersebut terpaksa harus menggunakan perahu untuk melintas.

Untuk membantu aktivitas warga, Kodim 0601/Pandeglang dan BPBD Kabupaten Pandeglang menurunkan beberapa perahu untuk digunakan penyeberangan warga dibantu oleh Pramuka URC 0131 Pramuka Peduli Bencana Koramil 0111/Pagelaran.

Mengetahui kondisi tersebut Komandan Kodim 0601/Pandeglang Letkol Inf Ganiahardi meninjau langsung ke beberapa titik lokasi banjir. Dandim juga memerintahkan ke jajaran Koramil yang wilayahnya sering terjadi banjir untuk segera membantu kesulitan warga sesuai dengan tugas pokok TNI selain perang, yaitu “Menyiapkan dan menyiagakan satuan dalam rangka tugas membantu pemerintah menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan serta pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan (search and rescue)”.
REDAKSI-der

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.