Jumat, 23 Juni 2017

Inilah para pemenang lomba yang digelar Bakamla RI

Kepala Badan Keamanan Laut RI Laksdya TNI Ari Soedewo, S.E., M.H. secara resmi telah menetapkan nama nama pemenang lomba esai dan feature, foto, dan video, yang diselenggarakan dalam rangka HUT ke-2/44 Bakamla RI, melalui Surat Keputusan Kepala Bakamla RI Nomor 132 tahun 2016 tertanggal 7 Desember 2016, yang ditandatangani Deputi Bidang Operasi dan Latihan Bakamla RI Laksamana Muda TNI Andi Achdar, di Kantor Pusat Bakamla RI, Jl. Dr. Sutomo-11, Jakarta Pusat, Rabu (7/12/2016).

Surat keputusan ini terbit setelah dihasilkan nama-nama pemenang melalui proses penilaian karya peserta oleh tim dewan juri sejak Jumat lalu (2/12). Anggota dewan juri berasal dari internal dan eksternal Bakamla, sedangkan untuk peserta lomba terbuka bagi masyarakat umum. Selain itu lomba juga tertutup bagi pegawai Bakamla RI. Sejak pembukaan pendaftaran lomba yaitu di mulai dari launching di Galeri Antara (16/11), kemudian disosialisasikan di sejumlah perguruan tinggi pada keesokan harinya, telah menarik minat banyak peserta, tidak hanya dari Jakarta dan sekitarnya, namun juga dari daerah di luar Jakarta. Meskipun dalam waktu yang relatif singkat, tercatat sebanyak 63 peserta mengikuti lomba esai dan feature, 98 peserta mengirimkan karya foto dan 17 peserta mengikuti lomba video.

Dalam lomba esai dan feature penilaian dilakukan oleh 3 juri dari Bakamla dan 2 juri lainnya yaitu Sekretaris Dinas Hukum Angkatan Laut Kolonel Laut (KH) Kresno Buntoro, S.H., LLM., Ph.D. dan Editor LKBN Antara Ade P. Marbun. Dari 63 esai dan feature yang terdaftar masing-masing juri menentukan 3 terbaik sehingga terkumpul 15 esai dan feature. Selanjutnya tiap juri memberikan argumentasi dan penilaian berdasarkan kriteria tata tulis, bahasa, kemanfaatan untuk Bakamla, kreatifitas gagasan, kesesuaian dan aktualitas topik, data dan sumber informasi, analisis, sintesis, dan simpulan serta kemampuan penulis dalam mentransfer gagasan untuk dapat di adopsi. Selanjutnya melalui proses diskusi dan kesepakatan ditetapkan 5 karya terbaik untuk menjadi juara 1 sampai harapan 2.

Dalam lomba foto penilaian dilakukan oleh 3 juri dari Bakamla dan 1 juri lainnya yaitu Kepala Sekolah LKBN Antara Mosista Pambudi. Dari 98 karya foto peserta, juri menentukan secara bersama-sama 20 karya unggulan, dan kemudian dibedakan menjadi 5 kategori berdasarkan kesamaan karakter foto. Selanjutnya dari setiap kategori diambil 1 unggulan sehingga didapatkan 5 terbaik. Kelima karya foto tersebut dinilai kembali sehingga diperoleh pemenang 1, 2 dan 3. Sedangkan dalam lomba video penilaian dilakukan oleh 1 juri dari Bakamla dan 2 juri lainnya, yaitu Ir. Gagan Gandara dari vidio.com dan praktisi cinematografi Bonni Dwi Ananta, S.Sn. Dari 17 karya video, juri menentukan 3 karya terbaik.

Lomba Esai dan Feature dimenangkan oleh Juara I Arum Anggraeni (Unhan), Juara II Zakariya Arief (UGM), Juara III Christine Anggi Sidjabat (Unhan), Harapan I Rici Pranata dan tim (IPB), dan Harapan II Barik Ali dan tim (UMY). Lomba foto dimenangkan oleh Juara I Suwardi (Tarakan), Hariandi Hafid (Palopo), dan Juara III Maman Sukirman (Sebatik). Sedangkan untuk lomba video dimenangkan oleh Juara I N. Setiawan Ginanjar Lintang (Semarang), Rita Laura (Jakarta), dan Tri Nur Sujatmiko (Bogor).

Pemenang tersebut diatas akan diundang pada acara Gala Dinner Peringatan Hari Ulang Tahun ke 2/44 Bakamla RI yang dilaksanakan di Gedung Perintis Kemerdekaan pada 15 Desember mendatang. Selain trophy dan sertifikat para pemenang juga mendapatkan uang tunai sebesar 10 juta untuk pemenang I, 7,5 juta untuk pemenang II, 5 juta untuk pemenang III, 3,5 juta untuk pemenang Harapan I dan 2 juta untuk Harapan II. Acara Gala Dinner yang menurut rencana akan dihadiri oleh Wakil Presiden RI H. Yusuf Kalla tersebut juga akan dimeriahkan dengan Tarian Nusantara karya Guruh Sukarnoputra.
REDAKSI-der

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.


IdA Event