Minggu, 22 Januari 2017

KM Karmando lenyap tenggelam di perairan Jailolo

Tragedi laka laut di lautan Jailolo kini kembali terjadi, sebuah kapal KM Karmando Tujuan Ternate-Jailolo tenggelam di perairan jailolo dan mengakibatkan adanya Korban Jiwa, jumlah penumpang yang kian banyak dan melebihi data manifast membuatkan pihak team evakuasi korban yakni Polres Halbar,basarnas Halbar ,kompi yonif 732 Banau dan pemda Halbar kewalahan dalam mengevakuasi korban, Kamis(29/12).

KM Karmando yang mogok di tengah perairan Jailolo dikarenakan mesin kapal mati bertepatan dengan cuaca buruk dan ombak besar hingga mengakibatkan KM karmando raib tenggelam hingga menelan korban jiwa.

Sementara salah satu korban yakni Saiful safrudin yang merupakan wartawan salah satu media menyampaikan saat itu kapal mogok tepat pukul 11:30 kemudian karena ombak dan angin diikuti hujan deras kapal perlahan-lahan tenggelam dan kami para penumpang sudah loncat keluar kapal, berkisar satu jam barulah bantuan datang untuk mengevakuasi kami.

Team evakuasi saat bergerak sempat kewalahan pasalnya kian banyak penumpang melebihi data manifast hingga mengakibatkan pelabuhan reguler pun dipakai untuk menurunkan korban yang telah dievakuasi.

sementara berdasarkan data yang di himpun penumpang yang terdaftar di manifast 50 orang sedangkan yang tidak terdaftar sampai saat ini belum teridentifikasi.

Adapun korban yang telah di temukan 74 orang, 4 diantaranya meninggal dunia yakni Saika (8), dan ibunya Yuyun Sriwahyuni (34), alamat Ternate Kelurahan Kalumpang, Risal Rikumahu (54), alamat Ternate Kelurahan Tanah Masjid, Monica Tude (60), alamat Jailolo Hoku-Hoku.

Kapolres Halbar AKBP Sutoyo saat di konfirmasi membenarkan Kapal KM karmando memang tenggelam di akibatkan oleh mesin kapal mati dan cuaca laut yang sangat buruk.

"Kami telah melakukan evakuasi, malam ini kami hentikan karena melihat kodisi cuaca yang sangat buruk, besok kami akan lanjutkan, sementara yang telah di evakuasi hingga malam dini hari 74 orang dan terkait dengan Anak Buah Kapal (ABK) ada 4 orang sementara dalam pemeriksaan kami," ucapnya.
REDAKSI-MuI

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.


IdA Kecelakaan