Sabtu, 18 November 2017

FISIP UHO Kendari lakukan survey referensi dan peta dukungan pilwali

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari merilis hasil survey referensi dan peta dukungan dalam Pilwali Kendari, Rabu (11/1) di ruang rapat Prodi Ilmu Komunikasi.

Salah satu dosen ilmu politik, Husen La Zuada memaparkan metodologi survei tersebut. Dijelaskannya, populasi survei ini merupakan warga Kota Kendari yang usianya masuk dalam kategori wajib pilih, dengan margin of eror 4,9 persen. Dalam survey tersebut, lanjut Husen, melibatkan 400 KK responden dengan sistem wawancara tatap muka menggunakan kuesioner.

“Survey dilakukan di 10 kecamatan, dari 64 kelurahan yang ada, kami melakukan survey di 50 kelurahan yang dipilih secara acak, dan di 200 RT yang juga dilakukan secara acak. Setiap RT, ada dua KK yang dipilih dengan keterwakilan laki-laki dan perempuan,” beber Husen.

Setiap pewawancara, kata dia, mewawancarai 4 sampai 10 orang.

Dari segi etnis, pemilih bugis memiliki persentase tertinggi yakni 23,78 persen, sedangkan dari segi usia mayoritas responden di atas 40 tahun.

Terkait hari H pelaksanaan Pilwali Kendari, mayoritas masyarakat mengaku sudah mengetahui yakni sekitar 88 persen, dan 8 persen warga Kota Lulo lainnya belum mengetahui.

“Saat ditanyakan dari mana mereka (responden-red) mengetahui kalau nama mereka masuk dalam DPT, 88 persen diantaranya mengaku dari stiker daftar pemilih di rumah,” jelasnya.
REDAKSI-SiK

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.


IdA Peristiwa