Senin, 29 Mei 2017

Pulau Sirandah wisata bahari primadona di Padang

Pulau Sirandah yang berada di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Sumatera Barat menjadi primadona daya tarik wisatawan untuk berkunjung dari salah satu pulau ada di kota itu.

Pulau Sirandah Padang, luasnya lebih kurang 10 hektar terletak di sebelah barat Pulau Sikuai untuk mencapai ke pulau tersebut dibutuhkan waktu kurang lebih 1 jam menggunakan kapal motor.

Direktur PT MGSB Ventura Indonesia, Aska Bernando menyatakan, pulau ini juga sering dijadikan tempat kemping wisatawan. Ketika malam tiba, dari pulau ini bisa memandangi lampu kelap-kelip Pelabuhan Teluk Bayur, ataupun lampu-lampu kapal nelayan yang lalu lalang.

"Pulau Sirandah masih sangat alami sehingga terumbu karang dan kawasan bawah laut itu masih terjaga dan sangat indah untuk diving main hobbi mancing. Kawasan wisata ini akan dibangun diantaranya tempat penginapan, Restoran, serta wahana permaian air,"ungkapnya.

Ia menjelaskan, hampir tiap hari wisatawan yang berkunjung ke objek wisata tersebut//Rata-rata tingkat kunjung perhari mencapai 100 orang.

"Wisatawan yang datang berkunjung tidak saja dari dari Kota Padang, namun ada dari negara asing seperti Dubai, Malaysia,Singapura//Wisatan asing datang biasa datang rombongan,"jelasnya.

Saat ini Pulau tersebut masih dalam penataan, lanjut Aska agar pengunjung lebih nyaman n betah tinggal lebih lama lagi. "Saat ini peluang wisata bahari cukup tinggi di Padang, apalagi sekarang ini pemerintah Kota Padang giatnya promosikan wisata,"tambahnya.

Sementara itu Pujo Hartoyo, Direktur Wisata Bahari MGSB menyatakan, saat ini pulau tersebut masih dalam penataan dilakukan perusahaan.

"Kami sangat mendukung program wisata yang digalakan pemerintah,"katanya.

Pulau Sirandah ini di apit beberapa pulau yang ada, seperti Pulau Pasumpaha, Pulai Sikaui. Kami sudah menangkap ini suatu peluang cukup bagus khusus untuk sektor pariwisata. Apalagi pemerintah gencarnya promosikan wisata bahari,"jelas Pujo Hartoyo.

Ia menjelaskan, tidak berapa jauh dari Pulau Sirandah ada pulau yakni pulau Penyu.Jika pasangan air laut surut pengunjung bisa datang berkunjung dari Pulau Sirandah dengan jalan kaki menuju Pulau Penyu.

"Nantinya akan dibangun jembatan agar wisatawan lebih nyaman tidak lagi menunggu pasang surut jika mau ke Pulau Penyu,"ungkapnya.

Pulau Penyu tersebut terdapat sebuah kuburan, dikabarkan salah seorang ulama. Pengunjung tidak saja menikmati wisata bahari namun bisa juga menikmati wisata religi untuk mengunjung makam ulama yang ada di Pulau Penyu tersebut. "Tidak itu saja, bisa untuk dijadikan praweding, scuba diving, menanam terumbu karang serta memancing disana,"jelas Pujo.

Sementara itu, ditempat terpisah, Anto wisatawan dari Pekanbaru menyatakan, tahu ada pulau cukup bagus di Kota Padang ini dari promosi kawannya yang ada di Padang.

"Ini pertama kali datang ke Pulau Sirandah, datang bersama rombongan ke kawasan tersebut,"katanya.

Temannya memposting di media sosial, lanjut Anto merasa tertarik langsung menghubungi untuk bisa datang berkunjung kesana. "Pulau tersebut masih asri dan cukup bagus bagi wisatawan dimana pasirnya putih. Pengelola agar tetap menjaga ke asrian pulau tersebut,"tegasnya.
REDAKSI-AnJ

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.