Rabu, 23 Agustus 2017

Prajurit Kolinlamil harus mampu lindungi keluarganya 

Ratusan Prajurit kolinlamil menerima penyuluhan hukum dari Dinas Hukum (Diskum) Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) yang berlangsung di Gedung Laut Natuna, Mako Kolinlamil, Jakarta, Senin (20/3). Kegiatan Penyuluhan Hukum ini juga merupakan bagian dari program kerja Dinas Hukum Kolinlamil.

Penyuluhan hukum ini juga diinisiasi Kepala Dinas Hukum Kolinlamil Kolonel Laut (KH) Danny Zulkarnaen, S.H., M.H. sebagai bentuk kepedulian dan salah satu pencegahan dengan memberikan penyuluhan hukum untuk meminimalisir bentuk pelanggaran hukum dan disiplin bagi prajurit Kolinlamil

Seperti dikatakan dalam sambutannya, bahwa Penyuluhan Hukum ini diselenggarakan agar bisa mengurangi pelanggaran hukum yang dilakukan prajurit.
“Harapan kita semua tidak ada lagi pelanggaran yang dilakukan Prajurit Kolinlamil. Mari kita semua menjaga nama baik Satuan dengan melaksanakan hal-hal yang positif,” ujar Letkol Laut (KH) Suharsono Kasubdisdargakum yang mewakili Kadiskum membuka kegiatan ini.

“Buatlah sejarah hidup ini dengan menjadi suri tauladan yang baik agar menjadi kebanggaan diri baik bagi keluarga maupun satuan yang selalu memegang teguh Sapta Marga dan Sumpah Prajurit,” katanya lagi.

Penyuluhan hukum yang disampaikan Letkol Laut (KH) Yopi Roberti Riry mengenai Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Bentuk-bentuk Kekerasan Dalam Rumah Tangga di antaranya kekerasan fisik, kekerasan psikis, kekerasan seksual dan penelantaran rumah tangga.

Selain itu, disampaikan pula bahwa KDRT dapat menghambat karir dalam berdinas dan mendapat sanksi hukum.

“Apabila ada ketidak-harmonisan dalam berumah tangga akan memicu awal dari kasus perceraian,” ujar Letkol Laut (KH) Yopi Roberti Riry,S.H., M.H.

Untuk itu, dia mengingatkan kepada seluruh jajaran Satlinlamil Surabaya untuk menghindari perbuatan Kekerasan dalam rumah tangga, yang akan berdampak tidak baik dalam membina keharmonisan dalam rumah tangga.

“Ciptakan suasana saling menghargai, menyayangi, mengasihi dan saling percaya sehingga akan terbentuk keluarga yang sakinah,” katanya.

Ia juga menekankan pentingnya menjaga keutuhan rumah tangga dengan komunikasi yang baik, konsisten dalam sikap dan perbuatan sehingga akan timbul seorang pemimpin rumah tangga yang disegani keluarga. Setiap ada permasalahan cari jalan menyelesaikan masalah keluarga dengan musyawarah cari jalan terbaik dan menghasilkan mufakat bersama.

Di samping itu bagi para prajurit juga agar menghindari lokasi terlarang dan menjauh dari Narkoba karena akan merusak jiwa dan raga. Dikatakan pula pemimpin TNI membutuhkan figur Prajurit yang sehat, kuat, penuh semangat, menghasilkan tugas dengan baik dan profesional.

Turut dalam kegiatan ceramah ini seluruh prajurit Kolinlamil, baik Perwira, Bintara maupun Tamtama serta PNS dari Staf maupun Unsur/KRI di jajaran Kolinlamil dan Satlinlamil Jakarta.
REDAKSI-SiK

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.


IdA Peristiwa