Jumat, 24 November 2017

Kolinlamil peringati HUT ke-72 Kemerdekaan RI

Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) memperingati Hari Ulang Tahun ke-72 kemerdekaan Republik Indonesia dengan upacara dipimpin Inspektur Upacara Panglima Kolinlamil Laksamana Muda TNI Agung Prasetiawan, M.AP. di lapangan Samudera, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (17/8).

"Indonesia Kerja bersama" menjadi tema yang diangkat sebagai semangat pada perayaan 72 tahun Indonesia merdeka kali ini, tema yang bermakna sebagai esensi sekaligus ajakan kepada segenap masyarakat Indonesia untuk saling merangkul dan mengedepankan asas kebersamaan dalam membangun Indonesia menjadi lebih baik. Sedangkan "Bersama kerja" menunjukkan ajakan untuk bersama-sama bekerja membangun kemajuan Indonesia dan mencapai target yang telah direncanakan.

Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, dalam amanatnya yang dibacakan Panglima Kolinlamil mengatakan tanggal 17 Agustus 1945 mempunyai arti dan makna yang sangat penting bagi kehidupan bangsa Indonesia, karena dengan Proklamasi Kemerdekaan itulah, perjalanan panjang perjuangan Bangsa ini untuk melepaskan diri dari belenggu penjajahan, telah mencapai puncaknya.

Patriotisme dan nasionalisme para pendahulu harus dijadikan sebagai nilai-nilai luhur bangsa, tidak untuk berjuang melawan penjajah tetapi untuk membangun kehidupan bangsa yang adil, makmur dan bermartabat.

Sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, TNI Angkatan Laut memiliki tugas dan tanggung jawab konstitusional untuk melanjutkan proses pembangunan nasional. Ada empat program yang menjadi prioritas yaitu program dukungan kesiapan matra laut, program modernisasi alutsista dan non alutsista serta pengembangan fasilitas dan sarana prasarana pertahanan negara matra laut, program peningkatan profesionalisme personel matra laut serta program penyelenggaraan manajemen dan operasi matra laut.

Selain itu TNI Angkatan Laut harus mampu membina dan memberdayakan potensi maritim seperti masyarakat maritim, industri dan jasa maritim, serta sarana dan prasarana nasional untuk digunakan bagi kepentingan pertahanan negara. Program penguatan sektor kemaritiman melalui visi poros maritim dunia menjadi momentum kebangkitan pengelolaan sumber daya laut, serta meraih kembali sejarah kejayaan bahari bangsa Indonesia, sehingga dapat menumbuhkan semangat bagi generasi muda untuk mencintai laut dan mendayagunakan kekayaan yang ada didalamnya.

Semangat ini perlu terus ditumbuhkan, dijaga dan ditingkatkan melalui peningkatan kinerja dari seluruh komponen bangsa, demi tercapainya cita-cita kejayaan maritim Indonesia.

Upacara yang dikomandani Letkol Laut (S) J. Muhammadin yang sehari-hari menjabat sebagai Perwira Staf Program dan Anggaran (Pasproga) Satlinlamil Jakarta tersebut dihadiri oleh para Asisten, Kepala Dinas, dan para Komandan Unsur jajaran Satlinlamil Jakarta.
REDAKSI-ank

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.


IdA Lain-Lain