Rabu, 22 November 2017

Lantamal VI peringati hari jadi TNI AL ke – 72

Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) memperingati puncak acara peringatan Hari Jadi TNI Angkatan Laut yang ke-72 Tahun 2017 dipimpin oleh Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Yusup, S.E., M.M., selaku Inspektur Upacara yang berlangsung di Dermaga Layang Mako Lantamal VI, Senin (11/9).

Adapun peserta upacara ini terdiri dari Satuan Musik (Satsik) Lantamal VI, Ton Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Lantamal VI dan satuan Pleton dari TNI/POLRI serta PIP Makassar dan Pramuka Saka Bahari Makassar.

Peringatan HUT TNI Angkatan Laut yang jatuh pada tanggal 10 September dimulai pada saat dibentuknya Badan Keamanan Rakyat (BKR) Laut pada tahun 1945. Organisasi ini dipelopori oleh para Pelaut Veteran Indonesia yang pernah bertugas di Angkatan Laut Belanda dan Kaigun di masa pendudukan Jepang. Seiring dengan terbentuknya Tentara Keamanan Rakyat (TKR) pada tanggal 05 Oktober 1945, BKR Laut bertransformasi menjadi TKR Laut yang selanjutnya berubah nama menjadi Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI).

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. dalam amanatnya yang dibacakan oleh Danlantamal VI menyampaikan, Sebagai Komponen Utama Kekuatan Pertahanan Negara, yang sadar akan jati dirinya sebagai Tentara Nasional yang terlahir dari rakyat, TNI Angkatan Laut senantiasa menjunjung tinggi tekad dan komitmennya untuk terus bersama – sama dengan rakyat berusaha mencegah dan menanggulangi setiap bentuk ancaman yang dapat mengganggu kelancaran, keberhasilan dan kesibnambungan jalannya pembangunan Nasional. Karena itu sangat tepat, pada peringatan hari jadi tahun ini tema yang diambil adalah “Bersama Rakyat, TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian”.

Lebih lanjut Kasal dalam amanatnya menyampaikan Implementasi nyata dari tema tersebut pada peringatan kali ini, TNI Angkatan Laut melaksanakan berbagai kegiatan melibatkan kontribusi dan partisipasi rakyat, seperti Olahraga Perairan, Bakti Sosial Kesehatan berupa Donor Darah dan Pengobatan Masal, Bersih-bersih Pantai dan lomba – lomba yang disesuaikan dengan kearifan lokal di masing-masing Kotama/Satker.

Pada kesempatan ini juga, Kasal menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada segenap Prajurit dan Aparatur Sipil Negara TNI Angkatan Laut dimanapun berada dan bertugas, atas dedikasi dan loyalitas pengabdian yang telah diberikan dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan dan pencapaian tugas- tugas TNI Angkatan Laut.

Pada Upacara tersebut, Danlantamal VI secara simbolis melaksanakan penyematan tanda jasa Satyalancana Bintang Jalasena Nararya dan Satya Lencana Kesetiaan XXIV, XVI dan VIII tahun kepada perwakilan Perwira, Bintara, dan Tamtama Koarmatim yang telah melaksanakan pengabdian tanpa cacat.

Usai Upacara tersebut, kemudian dilanjutkan dengan atraksi bela diri oleh para personel Lantamal VI dan Defile Pasukan oleh seluruh Peserta Upacara.

Hadir pada acara tersebut, Kapolda Sulsel Irjen Pol Drs. Muktiono, S.H., M.H., Danlanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bowo Budiarto, Sekertaris Daerah Provinsi Sulsel Ir. H. Abdul Latif, M.Si, M.M., Ketua Korcab VI Daerah Jalasenastri Armada Timur (DJAT) Ny. Endang Yusup beserta pengurus, Wadan Lantamal VI Kolonel Marinir Rasman, M. Tr (Han), para Asisten Danlantamal VI, Para Kadis dan Kasatker Lantamal VI serta para undangan perwakilan TNI/POLRI dan instansi pemerintah maupun swasta lainnya.
REDAKSI-AnJ

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.


IdA Peristiwa