Senin, 18 Desember 2017

Penyelam Fasharkan Makassar temukan hiu raksasa di perairan Pulau Langkai

Penyelam dari Fasilitas, Pemeliharaan dan Perbaikan Kapal (Fasharkan) Makassar yang tergabung dalam Lantamal VI Diving sudah menemukan ikan hiu paus (Rhincodon Typus) di perairan Pulau Langkai Kota Makassar (Sulsel) Senin(18/9) .

Letkol Laut (T) Murtono, penyelam senior Fasharkan, mengungkapkan pada musim tertentu kemunculan ikan yang dilindungi itu rata-rata muncul di bulan Agustus.

Setidaknya, sudah berjumpa dua kali enam ekor hiu paus yang ditemukan di perairan pulau Langkai.

Tanah, Langkai berada di 36 km dari kota Makssar. Posisi pulau ini berada di 5,5 km selatan Lanjukang dengan luas mencapai lebih dari 27 hektar dan terumbu yang mengelilingi seluas 142 hektar.

“Kami biasa bertemu saat diving. Malahan dalam seminggu kami bertemu dua kali disaat menyelam, hiu paus muncul ke permukaan. mendatangi kami untuk berfoto bersama,” ujar Letkol Murtono.

Menurut Murtono, hiu paus yang datang di kawasan spermonde terumbu karang di perairan Langkai memiliki panjang rata-rata 6 meter. Namun, mereka belum bisa mengindentifikasi jenis kelamin hiu paus.

Temuan hiu paus di perairan pulau Langkai kata Letkol Murtono, akan dilaporkan ke instasi terkait dan mengharap supaya laporannya ini bisa digunakan sebagai data awal dan mengidentifikasi fenomena kemunculan Hiu di perairan pulau Langkai ini.

Selain itu, Letkol Murtono mengharapkan berita temuan hiu paus ini dibaca jaringan komunitas hiu paus dunia melalui media dan media sosial.
REDAKSI-AnJ

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.


IdA Lingkungan