Kamis, 14 Desember 2017

Tradisi kenaikan pangkat di Kolinlamil

Sejumlah prajurit Kolinlamil yang memperoleh kenaikan pangkat diguyur dengan air di lapangan apel Laksda TNI Moeljono Silam, Markas Komando Komando Lintas Laut Militer (Mako Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (2/9). Acara ini dilaksanakan usai Komandan Detasemen Markas Komando Komando Lintas Laut Militer (Dandenmako Kolinlamil) Letkol Laut (P) Dewa Gede Oka S. menerima laporan kenaikan pangkat prajurit jajaran Kolinlamil.

Kenaikan pangkat adalah bukanlah sebuah hadiah tapi kenaikan pangkat merupakan wujud kepercayaan yang diberikan oleh pemimpin TNI Angkatan Laut kepada para personel yang telah menunjukkan integritas pribadi dan prestasi di dalam mengemban tugas serta loyalitas dan dedikasi terhadap dinas. Hal ini sekaligus sebagai refleksi dan konsistensi prinsip pembinaan personel dengan reward and punishment.

Sebagai prajurit yang telah melaksanakan tugas kedinasan dikesatuannya tentu proses kenaikan pangkat juga sesuatu hal yang diharapkan oleh setiap prajurit. Karena kenaikan pangkat memiliki arti yang cukup luas bagi yang mendapatkannya. Bisa merupakan sebuah kebanggaan pada diri sendiri maupun dilingkungan keluarga dan masyarakat, juga sebagai motivasi diri dalam bertugas dan lain sebagainya.

Sebagaimana disampaikan diatas bahwa pemberian kenaikan pangkat kepada seorang prajurit bukanlah hadiah, tapi proses penilaian terhadap setiap personel yang telah memenuhi kriteria dalam penilaian diantaranya, memiliki kondite yang baik, tidak pernah bermasalah, memiliki loyalitas dalam tugas, sudah waktunya untuk masa naik pangkat, memiliki kondisi dan riwayat kesehatan yang baik dan sebagainya telah terpenuhi hal-hal yang dipersyaratkan.

Selain itu kenaikan pangkat juga dapat diartikan sebagai anugerah dan amanah dari Tuhan Yang Maha Esa yang harus dipertanggungjawabkan dalam kedinasan.
REDAKSI-DeN

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.


IdA Lain-Lain