Rabu, 18 Oktober 2017

Ekspedisi NKRI gagas pagelaran budaya dan tarian lokal di Mindiptana

Tim Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan Subkorwil-4/Mindiptana mengadakan pagelaran dan perlombaan tarian budaya di kampung Andopbit distrik Mindiptana kab. Bovendigoel, Kamis (5/10).

Dengan mengusung tema Gebyar Budaya dan Adat serta menjunjung tinggi kearifan lokal dan melestarikan budaya di wilayah Papua Bagian Selatan ini, Tim Ekspedisi Subkorwil-4/Mindiptana mengadakan perlombaan seni dan budaya lokal.

Sebanyak empat distrik yang mengikuti perlombaan di antaranya Distrik Waropko, Distrik Sesnukt, Distrik Mindiptana, dan Distrik Kombut, dan 13 Kampung mengikuti perlombaan tari.

Acara pertama ditandai dengan pertemuan antara dua suku, suku Muyu dan suku Mandobo, yang melakukan tarian persahabatan, dengan memakai pakaian adat dari masing-masing suku.

Tidak hanya tarian tim Ekspedisi NKRI juga menyediakan stand untuk memamerkan alat budaya dari setiap kampung, seperti Noken, perhiasan kepala, manik manik, cawat, batik Boven digoel, koteka,baju kulit Ganemo, anak panah, busur, penokok, kantung pengisi sagu, tifa atau wot, dan jowo (tempat pengisi sagu).

Komandan Subkorwil-4/Mindiptana Mayor Inf Wahyu Agung Perkasa berharap dengan terselenggaranya acara gebyar budaya ini dapat meningkatkan jiwa kesenian kepada masyarakat setempat, dan tidak melupakan budaya dari masing masing kampung yang merupakan kekayaan budaya Indonesia.

Acara diakhiri dengan pembagian hadiah dan doorprize, kepada pemenang pertama diambil oleh Kampung Kombut yang membawakan tarian Kenari dan setiap peserta mendapatkan dana pembinaan dari tim Ekspedisi NKRI 2017. (Ahmad/Puspen TNI)
REDAKSI-der

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.


IdA Lain-Lain