Rabu, 18 Oktober 2017

Koramil 03 budayakan jamban sehat

Kodim 0716/Demak melalui anggota Koramil 03 Wonosalam membangun WC umum di desa -desa terpencil Kecamatan Wonosalam.

Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Inf Agung Udayana SE didampingi Danramil Wonosalam Kapten Czi Alimuddin kepada Pendim Demak, Kamis (12/10) menjelaskan WC berukuran 2 M X 2 M ini dibangun hampir di setiap desa yang ada di Kecamatan Wonosalam.

Pembangunan WC secara cuma-cuma dikomandoi oleh Danramil Wonosalam Kapten Czi Alimuddin bersama warga setempat.

Kini warga diharapkan tidak lagi BAB sembarangan.

“Kita khawatir datang penyakit musiman seperti muntaber, apabila tidak ada jamban maka dikhawatirkan penularan penyakit melalui kotoran akan menjadi ancaman,” terang Kapten Alimudin.

Dia menambahkan setelah dibangun wc umum semua warga sudah memanfaatkan jamban umum yang dibangun oleh TNI bersama rakyat.

Sehingga dapat mengurangi ancaman berbagai penyakit menular yang bisa ditularkan melalui kotoran manusia yang dibuang tidak pada tempatnnya.

Sumber airnya didatangkan dari sumur-sumur warga dan dengan sistim gotong royong mengisi bak penampungan air yang sudah disiapkan.

Disisi lain warga Desa Wonosalam bahagia mengaku sangat bersyukur dapat bantuan pembangunan WC umum melalui program jambanisasi dari TNI Kodim.

“Jamban umum ini hadiah dari TNI untuk warga kampung kami,” kata Kades Wonosalam Masthona Ahmad seraya menambahkan saat ini hampir memasuki musim penghujan.

Sedangkan aktivitas warga banyak di sungai, sehingga sangat membantu rakyat dalam membudayakan hidup bersih dan sehat.

Dandim Letkol Inf Agung Udayana SE yang juga didampingi Pasiter Kapten Inf Mulyadi menjelaskan, tujuan pembuatan jamban umum ini memang untuk memotivasi warga menjaga kesehatan lingkungan.

Untuk memberikan pemahaman kepada warga tentang pentingnya jamban, TNI langsung memberikan contoh bagaimana cara membuat jamban yang memenuhi standar sehingga layak digunakan.

Progam jambanisasi yang pembangunannya difasilitasi TNI jajaran Kodim 0716/Demak bertujuan untuk membantu pemerintah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.(Pendim 0716/Demak)
REDAKSI-AnJ

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.


IdA Lain-Lain