Sabtu, 18 November 2017

Pelatihan pembuatan pakan ikan oleh Dinas Perikanan

Kendal - TMMD reguler ke-100 Kodim 0715/Kendal bekerja sama dengan pemerintah daerah khususnya Dispermasdes mengelar pelatihan (Bintek) pengelolaan teknologi tepat guna (TTG) menggandeng Dinas Perikanan dan pelaku usaha kelompok usaha perikanan, bertempat di Balai Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal.

Sebagai narasumber pelatihan adalah Bapak Nursalim dari pelaku usaha perikanan. Dalam kegiatan ini juga dihadiri Danramil 05/Cepiring Kapten Kav Jatmiko dan Babinsa Desa Jungsemi Serda Norman.

Pelaksanakan pelatihan pembuatan pakan ikan bertujuan untuk menekan pengeluaran budidaya ikan petani ikan di Desa Jungsemi.

Kebutuhan pakan mencapai 60 persen biaya poduksi beternak ikan konsumsi. Padahal harga pakan buatan pabrik terus membumbung dan makin tidak terjangkau peternak. Membuat pakan sendiri menjadikan biaya penyediaan pakan lebih murah, komposisi nutrisi bisa disesuaikan dengan kebutuhan ikan.

Pakan dengan keseimbangan protein, lemak, dan serat yang tepat memacu pertumbuhan ikan. Peternak bisa memanfaatkan beragam bahan seperti kotoran sapi, tepung ikan, dedak, dan bungkil jagung sebagai pengapung tepung kanji, remis ikan, dan juga terasi sebagai perangsang bau amis. Bahan-bahan tersebut yang banyak terdapat disekitar lokasi usaha.

"Kami mengajak Anda mempelajari bagaimana membuat pakan sendiri agar lebih menghemat biaya perawatan ikan, pungkas Bapak Nursalim.
REDAKSI-der

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.