Sabtu, 18 November 2017

Perkembangan TIK munculkan peluang usaha baru

Meski harus diakui bahwa tantangan di era global sangat berat, namun juga membawa peluang-peluang usaha baru bagi manusia, terlebih dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang ada.

Itulah poin penting yang disampaikan Rektor Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Johanes Eka Priyatma M.Sc. Ph.D saat menjadi narasumber kuliah perdana yang diselenggarakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Muria Kudus (UMK), Jumat (27/10/2017) lalu.

Ia membawakan materi "Peluang dan Tantangan Kewirausahaan Digital". Johanes Eka Priyatma menyampaikan, inovasi di bidang teknologi dan kewirausahaan menjadi faktor kunci pertumbuhan ekonomi nasional.
"Pemerintah Indonesia pun meluncurkan Gerakan Nasional 1000 kewirausahaan Startup (rintisan) digital, supaya Indonesia menjadi The Digital Energy of Asia di tahun 2020 dengan mencetak 1000 startup," jelas mantan Dekan Fakultas MIPA Universitas Sanata Dharma itu.

Dia berpandangan, Indonesia merupakan lahan subur pengembangan kewirausahaan digital, baik yang bersifat profit maupun nonprofit, karena ada 93,4 juta pengguna internet dan 71 juta pengguna smartphone.

"Dengan segala macam bentuk dan kemampuan TIK dan internet, apakah kita menjadi semakin berdaya mengelola hidup dan masa depan, atau sebaliknya malah semakin teperdaya olehnya? Dari sekian waktu yang kita habiskan untuk terhubung ke internet lewat Facebook, Twitter atau Google, berapa persen yang sungguh kita pakai untuk kegiatan yang bersifat produktif?,’’ katanya.

Di hadapan Rektor UMK Dr. Suparnyo SH. MS., Dekan FEB UMK Dr. Mohammad Edris MM., serta lebih dari 700 mahasiswa yang hadir, Johanes Eka Priyatma, menegaskan, bahwa aktivitas terutama bisnis di era TIK, mempunyai peluang dan tantangan baru.

"Yang terpenting adalah, keberanian untuk mencoba, berani gagal, berani mempelajari hal-hal baru, kenekatan memanfaatkan jejaring media sosial, dan memiliki kesungguhan untuk mengembangkan kreativitas,’’ tuturnya.
REDAKSI-der

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.