Senin, 20 November 2017

Komandan Lantamal VI peringati Hari Pahlawan 

Komandan Pangkalan Utama TNI AL VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Yusup S.E., M.M., memperingati hari Pahlawan tahun 2017 ke-72 bersama para pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Provinsi Sulawesi Selatan di Taman Makam Pahlawan Panaikang Makassar. Jumat (10/11).

Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2017 kali ini bertema “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri" Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) peringatan hari Pahlawan Gubernur provinsi Sulsel DR. H. Syahrul Yasin Limpo, SH., M.Si., MH,.

Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI) Khofifah Indar Parawansa dalam amanatnya yang dibacakan Irup menyampaikaan, setiap tanggal 10 November bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan mengenang para pendahulu kita, pahlawan dan perintis Kemerdekaan, para pendiri Republik Indonesia, mereka dengan segenap pemikiran, tindakan dan gerakan perjuangan kolektif yang mereka lakukan sehingga saat ini kita semua bisa menikmati hidup di Bumi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bangsa yang sederajat dengan bangsa lain, bangsa yang menyadari tugas sejarahnya untuk menjadikan kemerdekaan sebagai jembatan emas bagi terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Selanjutnya, Peringatan tersebut didasarkan pada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang memperlihatkan kepada dunia internasional betapa segenap Rakyat Indonesia dari berbagai Ras, Suku, Agama, budaya dan bentuk Partikularisme golongan bersama-sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan Kemerdekaan Indonesia. “Bung Karno pernah menegaskan bahwa Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati Jasa Pahlawannya, Kalimat singkat dari Bung Karno ini memiliki makna yang sangat mendalam bagi kita semua, tanpa pengorbanan dan perjuangan para Pahlawan dan Perintis Kemerdekaan tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah Negara yang bernama Indonesia”, Ujar Mensos RI.

Upacara hari pahlawan itu ditandai dengan peletakan karangan bunga oleh irup dan tabur bunga di makam serta peresmian tugu upacara taman makam pahlawan oleh Gubernur Sulawesi Selatan.
REDAKSI-SiK

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.


IdA Peristiwa