Senin, 20 November 2017

Puncak peringatan Hari Pahlawan di Kediri

Seperti biasa setiap Hari Pahlawan seluruh tempat di Tanah Air menggelar upacara yang sudah menjadi rutin tahunan, termasuk yang ada di Kediri.

Peringatan Hari Pahlawan ini juga diikuti seluruh anggota Kodim Kediri, Polresta maupun Polres Kediri dan PNS di lingkungan Pemkot atau Pemkab Kediri, Jumat (10/11/2017).

Di halaman Balai Kota Kediri, Dandim Kediri, Letkol Arm Joko Setiyo K, M.Si (Han) bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan Hari Pahlawan ini. Sedangkan di lapangan Makodim Kediri, Pabung Kodim Kediri, Mayor Inf Didik Sugeng W. menjadi inspektur upacara dan Kasdim Kediri, Mayor Inf Joni Morwantoto mengikuti peringatan hari pahlawan di Stadion Chanda Birawa Pare Kediri.

Di lapangan Makodim Kediri, Mayor Inf Didik Sugeng W. mengawali amanat dari Mensos RI yang dibacakannya dengan mengatakan, "Setiap tanggal 10 November, kita seluruh Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan, mengenang para pendahulu kita, pahlawan dan perintis kemerdekaan, para pendiri republik Indonesia, mereka dengan segenap pemikiran, tindakan dan gerakan perjuangan kolektif yang mereka lakukan, sehingga saat ini kita semua bisa menikmati hidup di bumi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bangsa yang sederajat dengan bangsa lain, bangsa yang menyadari tugas sejarahnya untuk menjadikan kemerdekaan sebagai jembatan emas bagi terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur".

Lanjutnya, Hari Pahlawan yang kita peringati saat ini didasarkan pada peristiwa pertempuran terhebat dalam riwayat sejarah dekolonisasi dunia, yakni peristiwa “Pertempuran 10 November 1945” di Surabaya. Sebuah peristiwa yang memperlihatkan kepada dunia internasional, betapa segenap Rakyat Indonesia dari berbagai ras, suku, agama, budaya dan berbagai bentuk partikularisme golongan - bersama-sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
REDAKSI-der

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.


IdA Peristiwa