Senin, 20 November 2017

Komandan KRI Surabaya 591 adakan pertandingan olahraga di KRI

Pelayaran dari Papua ke Jakarta yang harus ditempuh Ekspedisi NKRI koridor Papua Bagian Selatan yang onboard di KRI sebuah route perjalanan yang mungkin cukup jauh dan membosankan. Namun bagi prajurit KRI pelayaran seperti ini suatu hal yang biasa sebagai medan tugasnya.

Para peserta Tim Ekspedisi NKRI ini telah selesai melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan sesuai dengan bidang masing-masing di lima subkorwil yang sudah ditentukan selama kurun waktu 3 bulan untuk mewujudkan visi Ekspedisi NKRI yaitu Bersama Ekspedisi NKRI kita tumbuhkan rasa cinta Tanah Air, keselamatan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pertahanan serta keamanan nasional.

Peserta Ekspedisi NKRI ini merupakan gabungan dari TNI AD, TNI AL, TNI AU, POLRI, Mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia serta beberapa Tenaga Ahli dari berbagai instansi terkait.

Rute pelayaran yang harus ditempuh oleh Tim Ekspedisi NKRI koridor Papua bagian selatan dengan menggunakan KRI Surabaya 591 cukup jauh mulai dari Distrik Agats Kabupaten Asmat – Merauke – Makassar – Jakarta membutuhkan waktu sekitar 16 hari.

KRI Surabaya 591 sebelumnya berangkat dari Dermaga Agats, Asmat pada tanggal 2 November 2017 lalu dengan mengangkut Tim Ekspedisi NKRI Subkorwil-1/Asmat menuju ke Merauke kemudian di Merauke KRI Surabaya 591 melaksanakan embarkasi personel dan alat perlengkapan dari Tim Ekspedisi NKRI Subkorwil-2/Mappi, Subkorwil-3/Merauke, Subkorwil-4/Mindiptana, Subkorwil-5/Tanah Merah, para Tenaga Ahli dan Staf Posko Utama Satgas. Dan pada tanggal 5 November 2017 KRI Surabaya 591 melanjutkan pelayarannya menuju Jakarta namun akan singgah di Makassar untuk melaksanakan bekal ulang bahan bakar, air tawar dan bahan makanan.

Komandan KRI Surabaya 591 Letkol Laut (P) Heru Syamsul Hidayat, S.Si. melalui laporannya yang dikirim ke Dispen Kolinlamil Minggu (12/11) saat dalam pelayaran menuju Sulawesi menceritakan bahwa berada di atas Kapal Perang yang sedang berlayar di tengah lautan merupakan pengalaman yang sangat jarang diperoleh para peserta Tim Ekspedisi NKRI khususnya para mahasiswa, sehingga antusiasme mereka terlihat sekali pada saat mereka mulai menaiki KRI Surabaya 591.

Namun dikarenakan durasi pelayaran yang cukup lama, tentunya semua manusia pasti memiliki kejenuhan apabila situasi selama pelayaran di atas kapal kurang bervariasi.

Situasi tersebut terbaca oleh komandan KRI dan akhirnya Komandan bersama Prajurit dan beberapa peserta dari tim Ekspedisi menyusun sebuah rencana untuk mencairkan suasana, membangun tali silaturahim, menjalin keakraban dan kekeluaragaan yang baik dan lebih harmonis baik antara prajurit KRI dengan Tim ekspedisi maupun antara tim ekpedisi yang terbagi dalam subkowil pelaksanaan tugas.

“Kami mencoba merencanakan sebuah kegiatan untuk mengatasi kejenuhan di atas KRI Surabaya 591 selama dalam pelayaran, dengan melaksanakan pertandingan olahraga voli dan badminton antar tim dari tiap-tiap subkorwil dan tim dari KRI Surabaya 591,” jelas Letkol Heru.

Menurutnya karena pelayaran KRI masih cukup jauh dan juga cukup banyak peminat olahraga bola voli dan bulu bangkis mereka mengemas pertandingan tersebut dengan sistem beregu. Masing-masing cabang olahraga diikuti oleh 6 tim, yaitu: tim dari Subkorwil-1/Asmat, Subkorwil-2/Mappi, Subkorwil-3/Merauke, Subkorwil-4/Mindiptana, Subkorwil-5/Tanah Merah dan tim dari KRI Surabaya 591.

Lebih lanjut Komandan KRI menjelaskan bahwa agar tumbuh keseriusan dan sportivitas dari para tim Komandan KRI menyiapkan hadiah yang sangat menarik untuk para pemenang yang berhasil meraih juara 1, 2 dan 3 serta bagi supporter paling heboh dalam mendukung timnya.

Ide yang dirancang panitia bersama timnya ternyata mampu membangkitkan sebuah suasana baru di atas kapal di gedak heli KRI sambil berlayar. “Suara gemuruh supporter penuh semangat tak henti-hentinya selama pertandingan berlangsung. Teriakan semangat dari supporter bercampur suara rancak dari hasil pukulan berbagai properti yang mereka bawa sekenanya seperti botol air mineral, kaleng-kaleng bekas serta benda lainnya menggetarkan hangar helly KRI Surabaya 591, yang sudah disulap menjadi lapangan bola voli dan bulu tangkis yang digunakan sebagai arena dalam pertandingan tersebut,” jelas Komandan KRI menggambarkan suasana pertandingan saat berlangsung.

“Dengan dilaksanakannya pertandingan olahraga tersebut, Heru berharap agar seluruh peserta tim Ekspedisi NKRI koridor Papua Bagian Selatan yang onboard di KRI yang dipimpinnya akan menikmati suasana yang penuh sportifitas dan sekaligus sebagai hiburan yang sangat menyenangkan selama mereka mengikuti pelayaran di KRI Surabaya 591,” tambahnya.

ABK/Prajurit KRI Surabaya 591 melaksanakan kegiatan olahraga bersama main voli dan badminton dengan tim Ekspedisi NKRI koridor Papua Bagian Selatan yang onboard di KRI mengisi waktu dalam pelayaran dari Papua ke Jakarta.
REDAKSI-AnJ

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.


IdA Olahraga