Rabu, 13 Desember 2017

Lagi, kapal perang Kolinlamil dikunjungi pelajar

Keberadaan kapal perang Kolinlamil yang sedang sandar di pangkalan menjadi salah satu tujuan wisata edukasi bagi sekolah-sekolah, baik Taman kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), serta Sekolah Menengah Atas (SMA) bahkan masyarakat umum. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh para siswa dari yayasan Global Persada Mandiri (GPM) Bekasi dengan melakukan kunjungan wisata edukasi ke KRI Banda Aceh 593 di dermaga Moelyono Silam, Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (16/11).

Kunjungan edukasi tersebut disambut baik oleh pihak Kolinlamil dengan memberi kesempatan kepada para pelajar dan masyarakat untuk berkunjung ke kapal perang Kolinlamil disaat sedang berada di pangkalan.

Kegiatan ini selain sebagai salah satu bentuk kampanye kebaharian yang dilaksanakan Kolinlamil juga sebagai wadah untuk memberi palajaran mengenal Kapal Perang Republik Indonesia yang di Miliki TNI Angkatan Laut kepada masyarakat.

Adanya kegiatan kunjungan anak sekolah ini dimaksudkan untuk memperkenalkan dunia kemaritiman secara umum dan kapal-kapal perang TNI AL khususnya Kolinlamil kepada para siswa atau anak didik secara dini mulai dari Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, maupun Sekolah.

Saat kunjungan pada siswa yang didampingi oleh guru-gurunya diterima Letkol Laut (P) M. Bayu Pranoto, S.H., M.Tr (Hanla) yang sehari-hari menjabat Pabandal Anglanas Sops Kolinlamil bersama timnya.

Pada siswa/pengunjung ini sebelum naik ke kapal mereka diberi penjelasan singkat tentang kapal dan bagaimana cara berkunjung di kapal perang supaya terjamin keamanan. Dan setelah naik ke kapal dengan panduan dari prajurit Kolinlamil para siswa/pengunjung diberi keleluasaan untuk melihat-lihat kapal dan bertanya untuk mengetahui lebih banyak tentang kapal perang.

Sebelum meninggalkan kapal para siswa/pengunjung ini disajikan tayangan-tayangan video tentang tugas-tugas atau kegiatan kapal perang yang mereka kunjungi yang pernah dicapai dalam melaksanakan tugas.

Dari pihak Sekolah Global Persada Mandiri saat kunjungan mereka membawa 284 siswa-siswi dan didampingi 24 guru. Mereka memilih kapal perang sebagai objek yang mereka kunjungi dengan tujuan untuk memberikan wawasan kebaharian dan kemaritiman bagi para siswa, mengenal sejarah nenek moyang bangsa Indonesia adalah bangsa pelaut yang mampu menjelajah lautan hingga ke luar wilayah Nusantara.

“Kami memilih kapal sebagai salah satu tujuan wisata edukasi bagi siswa kami agar mereka memiliki wawasan kebaharian dan kemaritiman serta mengenall sejarah nenek moyang bangsa indonesia sebagai bangsa pelaut”, jelas Kepala Sekolah SD Global Persada Mandiri Bekasi yang langsung ikut mendampingi siswanya.
REDAKSI-SiK

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.


IdA Pendidikan