Kamis, 14 Desember 2017

TNI turun tangan tutup tanggul jebol penyebab banjir

Tanggul sungai yang jebol di Desa Plosorejo, Kecamatan Tawangharjo, Grobogan, Jawa Tengah mengakibatkan ratusan rumah di Desa Mayahan, Kecamatan Tawangharjo terendam banjir. Kini BPBD Grobogan menggajak Koramil 08/Tawangharjo dan masyarakat langsung sigap menutup tanggul kemarin.
”Jumat (17/11) sekitar pukul 02.00, banjir merendam ratusan rumah warga setinggi 30 sampai 60 sentimeter. Ini karena tanggul sudah tidak dapat menampung debit air dari pegunungan Kendeng Utara yang besar. Jebolnya tanggul dengan ukuran panjang 7 meter, lebar 8 meter dan tinggi 5 meter,” jelas Kepala BPBD Grobogan Agus Sulaksono.
Sekitar pukul 07.00, anggota Koramil 07/Tawangharjo, Polsek Tawangharjo, anggota BPBD dan masyarakat Desa Mayahan dan Desa Plosorejo bergotongroyong melakukan langkah darurat dengan menutup tanggul gunuk yang jebol. Agar air tidak masuk ke pemukiman warga lagi.
”Sebelumnya rencana kami akan bantu 500 sak karung dan bronjong. Namun yang terjadi di lapangan tanggul membutuhkan setidaknya 1000 sak karung. Nanti untuk permanen pekerjaan perbaikan akan dilakukan dari dinas terkait,” ungkapnya.
Selain 100 karung, yang dipakai untuk penutup tanggul antaranya bambu 15 buah, tali 1 gulung, dan kawat putih satu rol. ”Selain gotongroyong juga ada satu alat bego mini di lokasi. Adanya itu untuk mempercepat dan mempermudah,” imbuh Dandim 0717/Purwodadi Letkol Arh Jan Piter Gurning.
Pihaknya juga telah mengerahkan anggotanya di setiap daerah yang darurat banjir untuk selalu siaga. Sebab keberadaan mereka sangat dibutuhkan warga. Dandim juga berharap dengan adanya kerja bakti ini akan memberikan manfaat bagi warga. Sehingga mereka bisa aman dan nyaman kembali tidur di rumahnya masing-masing.
”Melalui ini juga dapat menambah solidaritas anggota ke satuan lain maupun warga. Sehingga senantiasa mempererat keakraban dengan masyarakat hingga kemanggunalan TNI dan rakyat terjalin dengan baik,” papar dandim.
REDAKSI-SiK

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.