Jumat, 15 Desember 2017

Danramil ajak lestarikan tradisi

Danramil 1403/Lemah Wungkuk Kodim 0614/Kota Cirebon Korem 063/SGJ Kapten Inf Kodrat menghadiri Undangan Acara Tradisi Siraman Barang Peninggalan Sunan Gunung Jati dalam rangka menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW di Keputren Keraton Kasepuhan Jalan Kasepuhan No 43 Kampung Mandalangan, Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemah Wungkuk, Kota Cirebon, Sabtu (24/11).

Keraton Kasepuhan didirikan oleh Pangeran Cakrabuana pada masa perkembangan Islam atau sekitar tahun 1529. Pada awal dibangunnya Keraton Kasepuhan merupakan perluasan dari Keraton Pakungwati yang merupakan keraton tertua di Cirebon. Tradisi Siraman Barang berupa Penyucian Piring yang diperkirakan usia sudah 700 tahun piring-piring yang digunakan para wali penyebar ajaran Islam saat melakukan musyawarah di Cirebon itu hanya satu tahun sekali dikeluarkan dan dicuci.

Pencucian kesembilan piring itu dilakukan menggunakan air sumur yang dulu sehari-hari digunakan oleh Sunan Gunungjati. Upacara Siraman Panjang setiap tanggal 5 Maulid.

Danramil 1403/Lemah Wungkuk Kapten Inf Kodrat menyampaikan Kelurahan kasepuhan salah satu kelurahan binaan dari Koramil 1403/Lemah Wungkuk Kodim 0614/Kota Cirebon Korem 063/SGJ, selain itu bentuk dari Manunggal TNI dengan masyarkat dalam melestarikan Tradisi adat istiadat leluhur kita semua dan tidak lupa mengajak masyarakat Kecamatan Lemah Wungkuk Kota Cirebon, agar tetap menjaga Ketertiban dan keamanan Kecamatan Lemah Wungkuk.
REDAKSI-AnJ

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.


IdA Perayaan