Rabu, 13 Desember 2017

PGSD UMK kupas implementasi dan evaluasi kurikulum 2013

Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muria Kudus (UMK), menggelar seminar nasional di Auditorium Kampus UMK, Kamis (7/12/2017).

Seminar yang mengupas tema "Menuju Titik Terang Implementasi dan Evaluasi Kurikulum 2013" itu diikuti sekitar 620 mahasiswa dari berbagai angkatan.

Menurut ketua panitia seminar, Wahyu Candra, tema yang diangkat itu cukup berat, namun dinilai pada waktu yang tepat. Sebab, Kurikukul 2013, masih menyisakan banyak pertanyaan.

Ketua Prodi PGSD, Ika Oktavianti M.Pd., berharap peserta seminar mendapat banyak tambahan ilmu dan pengalaman terkait materi seminar yang diinisiasi oleh Himpunan Mahasiswa (Hima) PGSD UMK dan dibuka Wakil Dekan III FKIP, Sucipto M.Pd. Kons, mewakili Dekan FKIP tersebut.

Dr. Ariyadi Wijaya, salah satu narasumber, mengemukakan, luaran dari kurikulum 2013, paling tidak harus dapat menghasilkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, dan inovatif. "Aktivitas belajar mesti mementingkan pemahaman ketimbang prosedural, sekaligus melatih keterampilan penalaran," papar dosen jurusan Pendidikan Matematika UNY, Yogyakarta, itu.

Narasumber lain, Kiswati S.Pd.SD M.Pd., menjelaskan, soal kurikulum, setidaknya ada tiga hal yang hendak dicapai, yaitu karakter, literasi, dan kompetensi. "Sedang untuk model-model pembelajaran yang ada, di antaranya model penyingkapan, penemuan, model berbasis masalah, interaksi sosial, investigasi kelompok, dan model penelitian sosial,’’ jelasnya.
REDAKSI-der

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.


IdA Pendidikan