Selasa, 24 April 2018

Geliat renovasi RTLH special edition HJK 2017

Menjelang penghujung tahun 2017 ini, Kodim 0809/Kediri melaksanakan program renovasi RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) special edition dalam rangka Hari Juang Kartika dan program ini menyasar di wilayah kerja Koramil 17/Purwoasri.

Seorang Kasmuji yang tinggal di rumah berukuran 8 x 3 meter berlokasi di Dusun Boyolali Desa Wonotengah Kecamatan Purwoasri, dulunya adalah sosok veteran RI dari TNI AL dan kini rumah yang dulunya sangat tidak memenuhi standard, bakal disulap menjadi rumah yang layak untuk didiami, Senin (11/12).

Kepala Desa Wonotengah H.Sujud mengatakan, ”Dulu-dulunya Pak Kasmuji adalah seorang veteran dan rumahnya kalau dibandingkan dengan sekitarnya, sangat jauh dari kelayakan. Saat ini rumah beliau sudah dibongkar dan saya sangat terima kasih kepada TNI yang sudi memperhatikan warga kami.”

Dari konfirmasi Bati Tuud Koramil Purwoasri Peltu Jumain, sebelumnya rumah Kasmuji ini bisa dikatakan kurang layak untuk didiami, banyak genteng yang sudah rusak dan bila hujan tiba akan terlihat tetesan air hujan dari atas yang ujung-ujungnya menggenangi bagian dalam bangunan rumah.

Disamping itu, tembok rumah Kasmuji banyak yang retak dan sebagian juga masih berbahan dasar dari gedek atau bambu. Demikian pula kayu-kayu penyangga yang masih berbahan dasar sesek atau bambu dan kayu pintu ataupun jendela sebagian berlobang dimakan rayap.

“Rumah Pak Kasmuji ini sangat memperihatinkan, perlu adanya uluran tangan dan saat ini kita membantunya dengan cara merenovasi rumah ini sesuai standard dan bisa dianggap layak huni. Saya sangat berterima kasih atas bantuan dari bapak Ketua RT dan RW yang sudi mendorong warganya untuk bergotongroyong. Tanpa bantuan bapak Ketua RT dan RW, rasanya sulit mencapai target penyelesaian yang direncanakan,” ungkap Danramil Purwoasri Kapten Inf Sutrisno.

Kasmuji sendiri sangat berterima kasih atas kepedulian dari pihak TNI dan bagaimanapun juga, dulunya ia juga merupakan keluarga besar TNI. Selain itu, Kasmuji juga salut atas kepedulian warga sekitar yang mau bergotongroyong memperbaiki rumahnya.
REDAKSI-AnJ

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.


IdA Kemanusiaan