Minggu, 22 Juli 2018

Wujudkan persatuan lewat Maulid Nabi Muhammad SAW 

Kegiatan religi diadakan Kodim 0809/Kediri di aula Makodim Kediri, dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW. Kegiatan ini sendiri diikuti anggota Kodim Kediri dan Persit Kartika Chandra Kirana Kodim Kediri, Rabu (13/12).

Dalam sambutannya, Dandim Kediri Letkol Inf Slamet Suprijanto menuturkan, ”Sesama umat Muslim harus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan di dalam NKRI. Nasionalisme itu bagian yang tidak terpisahkan dari identitas kebangsaan, kalau ada yang menolak nasionalisme, patut dipertanyakan. Dasar negara ini dulu juga sumbangsih dari pemikiran para ulama. Jadi dasar negara ini tidak usah diperdebatkan lagi dan tidak usah lagi diutak atik gathuk.”

Sambungnya, ”Mari sama-sama kita bersatu, tidak usah lagi ada yang saling menyalahkan atau mengelirukan satu sama lain, padahal dulunya tidak ada yang bicara seperti itu. Islam itu cuma satu, sesama muslim hendaknya saling mengikat satu sama lain, bukan malah terpecah oleh argumen-argumen.”

Diakhir sambutannya Letkol Inf Slamet Suprijanto mengatakan, ”Pancasila itu sudah mewadahi segala pandangan dari berbagai latarbelakang keberagaman di negeri ini. Pancasila sama sekali tidak bertentangan atau mengganggu ajaran atau tuntunan agama manapun, karena Pancasila itu ideologi bukan doktrin religi.”

Sementara itu ,diawal tausiyahnya K.H. Misdi Nur Hasan dari Trenggalek menuturkan ,”Mari kita ambil teladan dari Nabi Muhammad SAW. Beliau juga selalu mencontohkan perilaku dan sikap yang patut kita tiru. Beliau selalu berada di posisi terdepan menuntun umatnya.”

Lanjutnya, ”Apa yang dikatakan bapak Dandim tadi adalah benar. Sesama Muslim harus bersatu, tidak boleh terpecahbelah. Pancasila itu sama sekali tidak menggangu kita sebagai Muslim. Sampai detik ini kita masih bisa beribadah dan tidak ada larangan untuk itu.”

Pada tausiyahnya ,beliau juga menceritakan kronologi Maulid Nabi Muhammad SAW kepada seluruh anggota Kodim kediri dan Persit KCK yang memadati aula Makodim Kediri. Selain itu, K.H. Misdi Nur Hasan juga menjelaskan secara gamblang ,teladan dari Nabi Muhammad SAW yang bisa dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari.
REDAKSI-AnJ

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.


IdA Perayaan