Senin, 23 Juli 2018

Dandim ajak jadi pelopor menjaga kebersihan

(Kab. Kuningan), Keberadaan Sungai Citamba yang berada di jantung kota Kuningan juga mendapat perhatian anggota Kodim 0615 Kuningan. Dengan Semangat Hari Juang Kartika, Kodim 0615/Kuningan Korem 063/SGJ melaksanakan kegiatan karya bhakti dengan sasaran pembersihan Sungai Citambah.

Kegiatan bersih-bersih sungai ini dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika ke-72 Ta. 2017 yang jatuh pada 15 Desember mendatang. Ini sebagai bentuk kepedulian TNI turut serta menjaga lingkungan terutama aliran Sungai Citamba yang melintasi jantung Kota Kuningan dan keberadaannya cukup vital, Rabu (13/12).

"Kita tetap selalu menjadi Pelopor dalam berbuat terbaik dalam pengabdian kepada bangsa dan negara kepada masyarakat yang ada di sekitar lingkungan kita, hari ini akan melaksanakan karya khakti dalam rangka Hari Juang Kartika. Kita juga akan menjadi pelopor untuk bersama-sama membersihkan kota kita ini. Anggota TNI Polri, Satpol PP, adik-adik Pramuka dan seluruh elemen masyarakat, saya mengajak masyarakat untuk tetap bisa menjaga kebersihan lingkungan kita ini adalah tanggung jawab kita bersama," demikian yang disampaikan Komandan Kodim 0615/Kuningan Letkol Inf Daru Cahyadi Soeprapto S.Sos MM didampingi Kasdim 0615/Kuningan Mayor Inf Riza Taufiq Hasan SIP di sela kegiatan karya bhakti dengan sasaran pembersihan Sungai Citambah, Kabupaten Kuningan.

Komandan Kodim 0615/Kuningan Letkol Inf Daru Cahyadi Soeprapto S.Sos MM menambahkan, "Sungai yang kita bersihkan hari ini merupakan bagian kecil dari alur alirannya oleh karena itu mari kita jaga dengan sebaik baiknya. Kita semua punya tugas pokok masing-masing, namun demikian pagi hari ini kita akan mencoba memberikan contoh dan mempelopori kepada masyarakat ikut menjaga kebersihan sungai. Di sekitar Kab. Kuningan yang kita cintai ini banyak Situ, banyak embung, banyak mata air mari kita jaga kebersihan dari Hulu yang ada di mata air disekitar kita sampai dengan alirannya menuju ke hilir".

Normalisasi sungai adalah suatu metode yang digunakan untuk menyediakan alur sungai dengan kapasistas mencukupi untuk menyalurkan air, terutama air yang berlebih saat curah hujan tinggi. Tujuan normalisasi sungai antara lain untuk keperluan navigasi, melindungi tebing sungai karena erosi (kikisan), atau untuk memperluas profil sungai guna menampung banjir–banjir yang terjadi.

Karya bhakti pembersihan Sungai Citambah Kuningan dalam rangka Hari Juang Kartika ke-72 yang diikuti Kurang lebih 350 orang terdiri dari Personel Kodim 0615/Kuningan dan perwakilan Koramil jajaran Kodim 0615/ Kuningan, Polsek Kuningan, Perwakilan dari Pramuka, Satpol PP Kab Kuningan Dinas Lingkungan hidup dan Masyarakat sekitar. (Mr. Bray / Cartaz).
REDAKSI-der

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.


IdA Lingkungan