Senin, 23 Juli 2018

Wadan Lantamal VI tutup pelatihan selam dan sematkan Brevet Scuba kepada Taruna PIP Makassar

Penyematan Brevet penyelam dan pelepasan tanda peserta oleh Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI AL VI (Wadan Lantamal VI) Kolonel Marinir Rasman M.Tr. Han kepada peserta menandai usainya pelaksanaan Pendidikan dan Latihan (Diklat) selam dasar untuk taruna dan pegawai Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar di pulau Samalona Kamis (14/12).

Dalam Sambutan Danlantamal VI Laksamana Pertama TNI Yusup, S.E., M.M yang dibacakan Wadan Lantamal VI mengatakan latihan penyelaman ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kemaapuan dan profesionalisme bagi pengawai dan taruna PIP Makassar. Latihan ini diharapkan berfungsi sebagai pembinaan SDM yang diharapkan dapat memberi bekal pengetahuan yang cukup baik teori penyelaman maupun aplikasi dilapangan, termasuk didalamnya kecakapan dalam menggunakan peralatan baik secara individu maupun berkelompok, bekal ini mutlak diperlukan dalam rangka mengantisipasi situasi di laut.


Dansatkamla Lantamal VI Mayor Laut FreeJohn Da Costa selaku ketua Panitia mengatakan Selama hampir sebulan mulai tanggal 15 November 2017, 130 orang peserta diantaranya 100 orang Taruna dan 30 orang pegawai PIP Makassar telah Menerima beberapa materi latihan seperti Pengetahuan Akademis Penyelaman (PAP), PAP meliputi kesehatan, fisika, fisiologi, tabel selam, pengenalan alat selam. Hand signal dan biota bawa laut.


Lebih lanjut Peserta juga di beri bekal latihan keterampilan kolam (LKK) dan latihan perairan terbuka di perairan Samalona, materinya diantaranya turun statis, masker clearing, buddy breathing, regulator recovery, fins pivvot serta ketrampilan menyelamnya lainnya. Selama Diklat peserta di gembleng oleh instruktur berpengalaman Kapten Laut (S) Jawawi yang sehari hari berdinas di Denma Lantamal VI dan di bantu 15 pelatih yang juga dari Lantamal VI.


Upacara penutupan dan penyematan brevet juga dihadiri direktur PIP Makassar H. Irwan, S.H., M.Pd., M.Mar.E.
REDAKSI-AnJ

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.


IdA Peristiwa