Kamis, 26 April 2018

Riset eLSiD: Nama Maman Imanulhaq meroket untuk calon wakil gubernur Jabar

Nama Anggota DPR RI Maman Imanulhaq meroket untuk calon wakil gubernur Jawa Barat. Hal ini terlihat dari survei yang diadakan Lingkar Studi Informasi dan Demokrasi (eLSiD) pada 30 November sampai 8 Desember 2017.

Menurut Dedi Barnadi peneliti eLSiD, naiknya nama Maman Imanulhaq di posisi tiga dikarenakan beberapa faktor. Pertama, Maman dikenal sebagai kiai dan tokoh ulama NU dari wilayah Pantura.

“Lalu, Maman juga dikenal sebagai anggota DPR RI dari Partai PKB,” katanya kepada wartawan, Sabtu (16/12).

Latar belakang kiai, kata Dedi, menjadi pilihan yang tepat saat ini untuk mendampingi Ridwan Kamil. Hal ini bukan tanpa alasan, masyarakat Jawa Barat tak ingin Pilkada DKI Jakarta terulang di Jawa Barat.

“Untuk itu mereka menginginkan sosok ulama dalam mengisi kontestasi calon wakil gubernur Jawa Barat,” lanjutnya.

Selain sosok ulama tersebut, Maman juga dikenal sebagai pegiat antikorupsi. Kombinasi ini yang dinilai Linda Kartika Dewi Ketua Emaniz, yakni forum yang mewadahi kaum perempuan dari berbagai latar belakang di Jawa Barat sangat tepat.

“Kang Maman itu muda bukan hanya secara fisik, tapi juga muda jiwanya. Jadi dia lebih semangat mendampingi Kang Emil untuk memimpin Jawa Barat,” ujarnya.

Linda juga melihat Maman mempunyai kelebihan yang bisa mendukung Ridwan Kamil. “Kang Maman itu sosok yang nasionalis-religius. Sedangkan Ridwan Kamil sosok teknokrat. Kombinasi ini sangat pas untuk Jawa Barat,” lanjutnya.

Sebelumnya, Ketua Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU) Jawa Barat, Hj Lilis Santika, mendukung agar Maman Imanulhaq menjadi calon wakil gubernur Jawa Barat mendampingi Ridwan Kamil.

Tak hanya Lilis, Fatayat Nahdatul Ulama (NU) Jawa Barat dan Keluarga Besar Nahdlatul Ulama (KBNU) Kabupaten Bekasi dan Robithoh Ma'ahid Murodi Islamiyah (RMI) NU Kabupaten Bekasi juga menyatakan dukungannya kepada Ridwan Kamil dan Maman Imanulhaq menjadi calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Barat.
REDAKSI-ank

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.


IdA Lain-Lain