Rabu, 24 Januari 2018

Babinsa sebagai motivator

(Kab. Majalengka), Komando Rayon Militer 1705/Cikijing merupakan salah satu Koramil di jajaran Kodim 0617 / Majalengka Korem 063/SGJ. Koramil 1705/Cikijing bertugas menyelenggarakan pembinaan teritorial dan perlawanan rakyat di wilayahnya dalam rangka mendukung tercapainya tugas pokok Kodim 0617/Majalengka.

Wilayah teritorial Koramil 1705/Cikijing meliputi dua kecamatan yakni, Kecamatan Cikijing dan Kecamatan Cingambul.

Dua orang Babinsa koramil 1705/Cikijing Kodim 0617/Majalengka Korem 063/SGJ di Pimpin oleh Sertu Suprapto melaksanakan upsus pendampingan pertanian dengan para petani melaksankan panen padi disawah, milik bapak Odih 2 Ha, 1 Ha Bapak Ojo dan 4 Ha sawah Bengkok desa di Desa Jagasari Kec. Cikijing kab. Majalengka, Rabu ( 20/12).

Babinsa merupakan salah satu penggerak bagi para petani (pelaku utama), selain itu Babinsa bisa berperan sebagai Komunikator, Fasilitator, Advisor, Motivator, Edukator, Organisator dan Dinamisator melalui Pengawalan dan Pendampingan kegiatan UPSUS (Upaya Khusus) Peningkatan Produksi Padi dalam Pencapaian Swasembada Pangan. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi produksi, salah satu di antaranya pendampingan dan pengawalan.

Dengan adanya pendampingan pertanian dengan para petani selain untuk mengetahui sejauh mana ketahan pangan suatu desa, para Babinsa akan lebih menyatu dengan rakyat dan kemanunggalan TNI dengan rakyat dan para petani pun sebagai warga masyarakat merasa senang karena bisa bekerja dengan aman.

Upaya Khusus pendampingan pertanian dengan Petani ini merupakan bentuk nyata dari TNI melalui Babinsa terhadap para petani yang berada di desa Binaanya dengan harapan dapat terjalin hubungan yang kuat antara Petani dan Babinsa sehingga Program Swasembada Pangan Nasional tercapai.(Mr. Bray/Dim 0617).
REDAKSI-der

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.