Rabu, 24 Januari 2018

Sosialisasi cara pembuatan pupuk cair dan padat organik

Pati - Babinsa bersama PPL, Mantri Tani, POPT dan PPL Kecamatan Gunungwungkal, Ketua Poktan "Sido Makmur", Bapak Paeran dan anggota kelompok tani kurang lebih 50 orang menghadiri sosialisasi cara pembuatan pupuk cair dan padat organik dari petugas Laboratorium Hama dan Penyakit Tanaman Kab. Pati, yang diwakili oleh Ir. Sofwan Bakri, Jumat (22-12-2017).

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, yang disampaikan oleh Ir. Sofwan Bakri selaku pakar Lab. Hama dan Penyakit Tanaman, cara pembuatan pupuk organik yang sebenarnya bahan-bahannya mudah didapat dan pembuatannya pun relatif mudah dipelajari asalkan kita mau sungguh-sungguh mempelajarinya. Kecuali bakterinya memang harus dari lab untuk mendapatkannya.

Adapun tujuan sosialisasi ini adalah mengajak para petani khususnya dan masyarakat pada umumnya sedikit demi sedikit untuk mengurangi pupuk yang dari bahan Kimia, karena dampaknya cukup luas pabila sering menggunakan pupuk kimia bisa mempengaruhi unsur hara tanahnya dan hasil tanaman itu sendiri.

Apabila kelompok mau bersungguh mempelajari cara pembuatan pupuk organik tersebut bisa dijadikan usaha kelompok bahkan kita bisa menjualnya ke petani lainnya.

Dalam sambutan Ketua Poktan Sido Makmur, Bapak Paeran mengucapkan banyak terima kasih kepada petugas Lab Kab. Pati yang sudi menularkan ilmunya kepada kelompok tani. "Dan tak lupa kami sebagai wakil kelompok mengucapkan banyak terima kasih kepada Bp Ansori selaku Babinsa yang selalu aktif setiap ada kegiatan di wilayah, kami tahu tugas Babinsa begitu berat dan mulia karena di setiap kegiatan pasti Babinsa selalu ada, semoga Bapak Babinsa selalu diberi kesehatan, kekuatan dan ketabahan. Amiin," ucapnya.

"Kami sebagai Babinsa selalu berusaha apabila setiap ada kegiatan di wilayah akan selalu hadir dan kami berpesan kepada kelompok tersebut bisa memanfaatkan ilmu yang didapat semoga bisa bermanfaat buat kita juga warga yang lain. Karena (TNI) merasa bahwa kami tidak ada apa-apanya tanpa kepedulian, karena kami ini `Dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat`, sesuai dengan semboyan `Bersama rakyat TNI hebat", papar Serda Ansori.
REDAKSI-der

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.