Jumat, 27 April 2018

Kodim Demak bantu akselerasi pembangunan di daerah

Dalam rangka membantu program pemerintah daerah Kabupaten Demak untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan fasilitas umum, serta membantu akselerasi pembangunan di daerah, Kodim 0716 Demak mengadakan Karya Bhakti TNI di Desa Sriwulan Kecamatan Sayung, Demak, Jumat (22/12).

Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata soliditas dan sinergitas prajurit TNI dengan aparat pemerintah serta komponen masyarakat, sehingga ke manunggalan TNI dan rakyat selama ini terbina dengan baik. Seperti yang disampaikan Dandim 0716 Demak, Letkol Inf Abi Kusnianto dalam sambutan tertulis yang dibacakan Ketua DPRD Demak, dalam Apel Karya Bhakti.

“Kebersamaan TNI dengan rakyat pada hakikatnya tidak dapat dipisahkan oleh apapun, karena pada dasarnya TNI berasal dari rakyat, berjuang untuk rakyat dan pada suatu saat kembali menjadi rakyat. Program Karya Bakti TNl ini adalah program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Kementerian, Lembaga Pemerintah, Non Kementerian dan Pemerintah Daerah, serta segenap lapisan masyarakat,” tulis Abi dalam sambutan tertulisnya.

Pemilihan Desa Sriwulan sebagai tempat diadakannya Karya Bakti TNI dengan kegiatan membersihkan sampah di desa, berawal dari menanggapi dan mengapresiasi usulan perencanaan kepala Desa Sriwulan agar desa tersebut mendapat pembenahan lingkungan. Akhirnya gayung bersambut. Dan setelah melakukan Apel Karya Bhakti, anggota dan staff Kodim beserta masyarakat Sriwulan melakukan pembersihan sampah, terutama di sungai, untuk kemudian diangkut truk menuju tempat pembuangan akhir (TPA).

Program Karya Bhakti TNI tersebut diharapkan dapat dijalankan secara berkesinambungan sehingga dapat mendukung cita-cita pemerintah Kab Demak untuk mendapatkan Adipura, seperti yang dituturkan Ketua DPRD Demak HM Nurul Mutaqim SH MH.

“Kami sangat mengapresiasi kinerja Kodim. Acung jempol pada Dandim baru Kodim yang langsung bekerja nyata untuk masyarakat. Ini harus dijalankan terus, desa-desa lain bersih juga, akhirnya Demak bebas sampah dan pantas dapat Adipura,” ucap Mutaqim.

Masyarakat Sri Wulan menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi desa tersebut, setidaknya sebagai momentum awal bagi masyarakat untuk sadar kebersihan, seperti yang dituturkan Eko Walijo, salah satu penduduk Sriwulan.

“Kami berterimakasih pada Kodim untuk kegiatan ini. Semoga ini sebagai momentum juga pada masyarakat untuk hidup bersih. Jangan sampai hari ini bersih, tapi besok lupa menjaga kebersihannya,” tutup Eko. (Pendim 0716/Demak)


REDAKSI-ank

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.


IdA Lain-Lain