Rabu, 24 Januari 2018

Manfaat irigasi untuk pertanian

(Kab. Kuningan), Pembuatan sandaran irigasi yang dilaksanakan Babinsa Desa Kutaraja, Kecamatan Lebakwangi, dari Koramil 1512/Lebakwangi Kodim 0615/Kuningan Korem 063/SGJ Pelda Nurul, sangat bermanfaat sekali untuk memperlancar aliran air sehingga dapat membasahi tanah, yaitu membantu pembasahan tanah pada daerah yang curah hujannya kurang atau tidak menentu, mengatur pembasahan tanah, yang dimaksudkan agar daerah pertanian dapat memperoleh air sepanjang waktu, baik pada musim kemarau maupun pada musim penghujan sehingga meningkatkan kesuburan tanah dengan mengalirkan air dan lumpur yang mengandung unsur hara terlarut yang dibutuhkan tanaman pada daerah pertanian sehingga daerah tersebut tanahnya mendapat tambahan unsur-unsur hara. Irigasi juga berguna sekali di daerah dingin seperti di Blok Sawah Dusun Kaliwon Desa Kutaraja, Kec. Lebakwangi, Kab. Kuningan, air irigasi dapat meningkatkan suhu tanah, karena air irigasi memiliki suhu yang lebih tinggi dari pada tanah. Hal ini memungkinkan petani di daerah beriklim dingin dapat melakukan kegiatan mengadakan pertanian juga pada musim dingin.

Babinsa Desa Kutaraja, Kec. Lebakwangi Koramil 1512/Lebakwangi Kodim 0615/Kuningan Korem 063/SGJ Pelda Nurul melaksanakan kegiatan Karya bakti pembuatan sandaran irigasi bersama masyarakat di Blok Sawah, Dusun Kaliwon, Desa Kutaraja, Kecamatan Lebakwangi, Kab. Kuningan, Kamis, (28/12).

Fungsi Irigasi pada prinsipnya adalah menambah (suplesi) kekurangan air pada lahan pertanian yang diperoleh dari air hujan atau air tanah, karena jumlah air yang diberikan kepada tanaman tidak mencukupi kebutuhan tanaman. Jika penambahan air melalui Irigasi tidak dilakukan, maka pertumbuhan tanaman tidak akan optimal, dan tidak akan menghasilkan panen sesuai dengan yang diharapkan. Jika jumlah atau volume curah hujan atau air tanah yang dapat diambil tanaman sudah mencukupi kebutuhannya, maka irigasi tidak diperlukan lagi. Adapun tujuan irigasi pada suatu daerah adalah upaya untuk penyediaan dan pengaturan air untuk menunjang kegiatan pertanian, dari sumber air ke daerah yang memerlukan dan mendistribusikan secara teknis dan sistematis.

Disamping tugas dan tanggung jawab kesehariaan sebagai anggota TNI, Babinsa juga mempunyai tugas membantu kesulitan serta memberi rasa aman bagi penduduk yang berada di sekitar tempat tinggalnya.

Menjadi bagian dalam tugas seorang anggota TNI dimana bertugas anggota TNI siap dalam segala hal, apalagi untuk membantu kesulitan yang dihadapi masyarakat adalah bagian dari tanggung jawab sebagai seorang prajurit TNI, Ini merupakan Jatidiri seorang TNI mampu membaur ditengah tengah rakyat kecil yang kurang mampu dan membutuhkan, ini merupakan bentuk dari TNI manunggal bersama rakyat.

Kegiatan Karya bakti pembuatan Sandaran Irigasi bersama masyarakat merupakan wujud kepedulian TNI terhadap Rakyat, Babinsa senantiasa akan berada ditengah-tengah masyarakat dan akan berbuat baik, tulus dan ikhlas untuk rakyat, Pelda Nurul bahu membahu dengan masyarkat pembuatan Sandaran Irigasi di Blok Sawah Dusun Kaliwon Desa Kutaraja kec. Lebakwangi Kab. Kuningan. (Mr. Bray/Cartas).
REDAKSI-der

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.