Selasa, 24 April 2018

Babinsa sosialisasikan penggunaan alsintan kepada para petani

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kodim 0718/Pati mensukseskan program pemerintah tentang Upsus dengan memberikan pengarahan dan penggunaan alsintan bantuan dari Kementan.

Keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah yaitu gulma mati yang kemudian akan membusuk menjadi humus, kondisi tanah menjadi lebih baik dan lapisan bawah tanah jenuh air sehingga dapat menghemat air.
Pada pengolahan tanah sawah dilakukan perbaikan dan pengaturan pematang sawah serta selokan. Galengan (pematang) sawah diupayakan agar tetap baik untuk mempermudah pengaturan irigasi sehingga tidak boros air dan mempermudah perawatan tanaman.

Pengolahan menggunakan Alsintan dalam hal ini Traktor adalah cara pengolahan lahan baru yang dapat membantu petani untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami, karena dengan sistim Traktor ini akan mengubah sifat fisik tanah agar lapisan atas yang semula keras menjadi datar dan melumpur. Alsintan ini adalah dukungan dari Kementan RI. Si Wilayah Kabupaten Pati penggunaan alsintan ini dikordinir oleh Kodim 0718/Pati untuk digunakan dalam pengolahan lahan para Kelompok Tani. Adapun alsintan tersebut banyak ragamnya, antara lain traktor, pompa air, trasplanter dan lain-lain. Untuk itu para babinsa yang sudah diberikan pengetahuan tentang operasional alat alat tersebut diharapkan dapat menularkan pengetahuan yang didapatnya kepada para petani.

Dengan pengolahan lahan menggunakan Traktor ini diharapkan para petani akan lebih mudah merawat tanaman serta dapat menghasilkan panen yang lebih baik, sehingga kebutuhan pangan dapat terpenuhi dan bahkan dengan meningkatnya hasil panen akan mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan nasional.
REDAKSI-AnJ

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.


IdA Pertanian