Senin, 23 Juli 2018

Kunker Kasubdit aneka kacang di objek potensial

Program swasembada pangan yang terus gencar dilakukan Pemerintah melalui Kementerian Pertanian, termasuk yang dilakukan dari Ditjen Tanaman Pangan Kasubdit Aneka Kacang Edi Suwardi pada kunjungan kerjanya di Kediri.

Bersama Bati Tuud Koramil Pare Peltu Yosep ,Kasi Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kediri Eviana Hapsari, Mantri Pertanian Kecamatan Pare Denny Mangeh dan PPL Pare Setyono, objek yang berlokasi di Desa Tretek Kecamatan Pare ditinjau langsung kondisi terkini pasca musim hujan berlangsung, Sabtu (06/01).

“Pemerintah juga sudah mengantisipasi dan meminimalis serangan importir beras, Pemerintah kasihan terhadap para petani. Moto Pak Presiden Jokowi ,tiada hari tanpa tanam dan tiada hari tanpa panen,serta pentingnya publikasi pertanian untuk melawan serangan importir luar,” ujar Edi Suwandi.

Peltu Yosep mengkonfirmasikan, ada 2 objek pertanian yang ditinjau langsung, yaitu Kelurahan Pare dan Desa Tertek. Keduanya memiliki potensi tanaman kacang-kacangan yang besar dibanding desa-desa lainnya di Kecamatan Pare. Demikian juga produktifitas kacang-kacangan di Pare cukup mendominasi pangsa pasar lokal, khususnya di pasar-pasar tradisional.

Disamping itu temu wicara langsung dilapangan juga dilakukan, sebagaimana Tomaji dari kelompok tani Sido Rukun dari Desa Tretek, menyempatkan bicara langsung dan menyampaikan gambaran terkini harga kacang-kacangan dari petani ke pedagang dan dari pedagang ke konsumen.

Sementara itu, Mujianto selaku petani setempat menyampaikan keluhan seputar tingginya curah hujan akhir-akhir ini yang cukup beresiko bagi kelangsungan tanamannya. Faktor alam sering menjadi bumerang bagi para etani, termasuk yang ada di Desa Tretek ini.

Usai melakukan kunjunganya di kecamatan Pare, Edi Suwandi bakal melanjutkan kunjungan kerjanya ke arah timur, yaitu Kecamatan Kepung dan disana daerah potensial kacang-kacangan cukup lumayan besar dan bisa memask sedikit banyak kebutuhan pasar lokal.

Sebelum melanjutkan kunjungan kerjanya ,terlebih dahulu Edi Suwandi menyempatkan mampir ke Koramil Pare untuk sekedar tukar informasi perkembangan terkini program swasembada pangan, terutama di wilayah kerja Koramil Pare.
REDAKSI-AnJ

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.


IdA Pertanian