Rabu, 24 Januari 2018

Motivasi dari Babinsa untuk petani yang tidak punya lahan tanam

Ada beberapa desa di wilayah Kecamatan Sukolilo yang terbatas atau tidak memiliki lahan garapan maupun pertanian padi, diantaranya Desa Pakem dan Desa Kwawur. Letak dari desa tersebut merupakan ketinggian kurang lebih 260 m diatas permukaan laut dan dikelilingi lahan dari perhutani KPH Purwodadi, sehingga masyarakat sekitar tidak mempunyai lahan garapan tetap.

Pemerintah desa dengan dukungan Muspika (Danramil, Camat, Kapolsek) berupaya berkoordinasi dengan KPH Purwodadi bagaimana cara agar masyarakat bisa ikut menggarap lahan perhutani tanpa merusak hutan yang menjadi tanggung jawab KPH.

Hal ini tidak lain untuk menambah penghasilan masyarakatnya guna mengatasi kesulitan-kesulitan yang menjadi masalah warga desa untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Setelah diadakan pertemuan dan pembahasan antara Pemerintah Desa, KPH, Muspika Sukolilo ahirnya dari pihak perhutani melalui LMDH dan di dampingi Babinsa, memberikan kesempatan untuk warga bisa memanfaatkan dan menanami lahan perhutani (petani Pesanggem) dengan ketentuan peraturan batasan masa tanam dan jenis tanaman.

Lahan tersebut sangat cocok untuk tanaman jagung berbagai jenis karena tanah lereng Pegunungan Kendeng kaya akan kandungan pospat. Babinsa Ramil 09/Sukolilo memberikan motivasi guna peningkatan kwalitas tanaman, pendampingan dan penyuluhan selalu dilaksanakan.

Hasil rata-rata per hektar jagung menghasilkan 5,8 ton jagung pipil basah, memang hasilnya jauh dari hasil budidaya yang pengairannya lancar, tetapi di hadapkan dengan kondisi lahan tanam yang pegunungan, berbatu dan tadah hujan, dengan hasil yang ada sdh dapat menjadi harapan warga.



REDAKSI-ank

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.


IdA Lain-Lain