Selasa, 24 April 2018

Babinsa bersihkan gulma

(Kab. Kuningan), Korem 063/SGJ dan satuan jajarannya dalam mendukung dan membantu pelaksanaan program ketahanan pangan melalui pertanian di Jawa Barat sudah sangat baik. Korem 063/SGJ dan jajarannya membantu petani dan kelompok tani dalam memelihara dan merawat padi seperti pemupukan dan pembasmian hama atau penyakit pada tanaman padi, sehingga panen yang akan datang sesuai dengan harapan.

Demikian halnya yang dilakukan anggota Satkowil yaitu Babinsa Desa Lengkong dari Koramil 1514/Mandirancan Kodim 0615/Kuningan Korem 063/SGJ Serka Raswin melaksanakan kegiatan pendampingan pertanian dengan petani pembersihan gulma sawah milik bapak Sahudin luas sawah 100 bata, Desa Lengkong, Kec. Garawangi, Kab. Kuningan, Rabu(10/1).

Tugas Babinsa adalah membina wilayah binaan, Serka Raswin Babinsa Desa lengkong selalu memberikan pendampingan di semua kegiatan warga apalagi kegiatan tersebut untuk kepentingan bersama. Dengan memberikan bantuan tenaga dan ide-ide yang membangun kepada warga dalam kegiatan tersebut, diharapkan fungsi dari jalan tersebut bisa bermanfaat bagi warga desa. Warga sangat antusias dengan adanya pendampingan dari Babinsa. Mereka sangat termotivasi dengan semua arahan dari Babinsa demi kemajuan desa, warga berharap ke depannya dapat meningkatkan perekonomian desa.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi produksi, salah satu di antaranya pendampingan dan pengawalan, Babinsa bisa berperan sebagai komunikator, fasilitator, advisor, motivator, edukator, organisator, dan dinamisator melalui pengawalan dan pendampingan kegiatan UPSUS (Upaya Khusus) Peningkatan Produksi Padi dalam Pencapaian Swasembada Pangan.

Babinsa merupakan salah satu penggerak bagi para petani (pelaku utama), selain itu dengan adanya pendampingan pertanian dengan para petani dapat mengetahui sejauh mana ketahanan pangan suatu desa, para Babinsa akan lebih menyatu dengan rakyat dan kemanunggalan TNI dengan rakyat dan para petani pun sebagai warga masyarakat merasa senang karena bisa bekerja dengan aman.

Meningkatkan kinerja di bidang pertanian, baik secara administrasi maupun implementasi nyata di lapangan dengan harapan target Korem 063/SGJ beserta jajarannya bisa tercapai, upaya Khusus pendampingan pertanian dengan petani ini merupakan bentuk nyata dari TNI melalui Babinsa terhadap para petani yang berada di desa binaannya dengan harapan dapat terjalin hubungan yang kuat antara petani untuk mendukung tercapainya Swasembada Pangan secara Nasional dapat terwujud. (Mr Bray/Cartaz).
REDAKSI-der

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.


IdA Pertanian