Sabtu, 22 September 2018

Dekan FEB: UMK dapat berkah dua wali

Membawa nama besar dua anggota Walisongo, yakni Sunan Muria dan Sunan Kudus, membawa berkah tersendiri bagi Universitas Muria Kudus (UMK). Sebab, sebagai perguruan tinggi swasta (PTS), UMK kini semakin dikenal luas masyarakat, dan semakin meningkat pula kepercayaan (trust) masyarakat memasukkan putra-putrinya kuliah di UMK.

Demikian disampaikan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMK, Dr. Mohammad Edris MM., di hadapan sekitar 70 mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Trianandra Kartasura, yang mengikuti Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di UMK, Kamis (11/1). Menurutnya, UMK termasuk di dalamnya FEB, mendapatkan berkah dari Sunan Kudus dan Sunan Muria, selain perjalanan panjang yang telah dilaluinya.

Dia menyampaikan, ada satu falsafah dari Sunan Kudus yang menjadi salah satu pegangan dalam membesarkan UMK, yaitu falsafah Gusjigang. Gusjigang adalah akronim dari Bagus, Ngaji dan Dagang.

‘Gus’ yaitu ‘Bagus’ (baik) budi pekerti dan perilakunya, ‘Ji’ mengandung makna ‘Ngaji’. Kenapa yang dipakai adalah kata ngaji, karena dulu belum ada lembaga pendidikan formal, yang ada adalah tempat mengaji.

Selanjutnya adalah ‘Gang’ atau ‘Dagang’. Ini yang membentuk jiwa entrepreneurship masyarakat Kudus. Oleh UMK, falsafat itu diambil untuk mencetak Sarjana yang memiliki jiwa wirausaha, khususnya oleh FEB UMK.
REDAKSI-AnJ

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.


IdA Pendidikan