Kamis, 16 Agustus 2018

Babinsa dan Disperindag Kuningan monitoring harga sembako di sejumlah pasar tradisonal

Babinsa Kelurahan Kuningan dari Koramil 1501/Kuningan Kodim 0615/Kuningan Korem 063/SGJ Pelda Cawa bersama pagawai Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kuningan melaksanakan monitoring harga sembilan bahan Pokok di beberapa pasar tradisonal di wilayah Kabupaten Kuningan, Selasa (16/1).


Monitoring harga sembilan bahan pokok di beberapa pasar moderen maupun tradisonal merupakan salah satu tugas dari satuan kewilayahan dalam hal ini Koramil bidang Pembinaan Perlawanan Wilayah yaitu pembinaan ketahanan pangan dengan cara membudidaya ikan, pertanian serta Peternakan melalui Serapan Gabah dan memantau harga sembilan bahan pokok di pasar.


Hasil dari monitor dari Babinsa Koramil 1501/Kuningan didapat harga beras di beberapa Pasar di Kabupaten Kuningan baik modern maupun tradisional (Pasar Baru dan Pasar Kepuh) terdapat kenaikan (Beras Kwalitas 1 dari Rp10.500 menjadi Rp12.500/kg dan kualitas II dari Rp9.500 menjadi Rp12.000/kg, Penyebab Kenaikan harga beras dikarenakan daerah-daerah lumbung padi terutama di Jawa Tengah mengalami gagal panen sehingga berpengaruh terhadap berkurang pasokan.


Produksi beras di Kabupaten Kuningan cukup aman namun dikarenakan terdapat daerah-daerah lain yang gagal panen menyebabkan banyak beras dari Kabupaten Kuningan dikirim ke luar daerah sehingga berdampak pada harga beras di Kabupaten Kuningan ikut naik.


Koramil jajaran Kodim 0615/Kuningan akan terus memonitor harga sembilan bahan pokok dan akan berkoordinasi dengan pihak terkait.


Adapun langkah-langkah yang dilakukan guna menekan kenaikan harga beras, Dinas Perindustrian. Perdagangan dan Bagian Ekonomi Sekda Kabupaten Kuningan bekerjasama dengan Mitra Bulog melakukan operasi pasar pada tanggal 12 dan 15 Januari 2018 di Pasar Kepuh dan Pasar Baru Kabupaten Kuningan sejumlah 1,5 ton dengan harga Rp8.600/kg, (Mr. Bray/Cartaz).

REDAKSI-AnJ

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.


IdA Peristiwa