Senin, 26 Februari 2018

BI prediksi pertumbuhan ekonomi Jabar 2018 lebih baik

Cirebon - Kepala Kantor Bank Indonesia Jawa Barat, Wiwek Warsito mengatakan, proyek pembangunan infrastruktur di Jawa Barat memicu pertumbuhan ekonomi.

Hal ini dikatakan Wiwiek usai menjadi narasumber Seminar Ekonomi Ciayumajakuning dengan tema "Prospek dan Tantangan Ekonomi Menjaga Momentum Perbaikan Ekonomi", di aula Kantor Perwakilan BI Cirebon, Selasa (16/1).

Pihaknya memprediksi pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat pada tahun 2018 akan lebih baik dibandingkan pada tahun 2017 lalu.

"Kalau Jawa Barat ke depannya dari sisi ekonominya membaik. Relatif membaik dibandingkan dengan 2017 lalu," kata Wiwiek di Cirebon, Selasa.

Wiwiek menyebutkan, pada tahun 2017 lalu PDRB rata-rata di Jawa Barat tumbuh 5,31 persen dan pada tahun 2018 BI memprediksi PDRB tumbuh 5,3-5,6 persen.

"Kalau rata-rata di tahun 2017, PDRB di Jawa Barat 5,31 persen,di 2018 itu dikisaran 5,3 sampai 5,6 persen. Artinya ada peningkatan sedikit," papar Wiwiek.

Selain pembangunan infrastruktur, ia menyebutkan beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat, di antara Pilkada serantak tahun 2018, bantuan dana APBN dari pemerintah pusat dan mulai beroperasinya Bandara Internasional Jawa Barat di Majalengka.

"Adanya pilkada di 16 kabupaten/kota ditambah provinsi, itu pasti akan menambah likuiditas ekonomo di masyarakat. Ya buat beli baju, seragam, pamflet, spanduk dan lainnya, sudah pasti itu tambahan likuiditas dimasyarakat," sebutnya.

Lanjut Wiwiek, meningkatnya peredaran uang di masyarakat tahun 2018 ini, tentunya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.
REDAKSI-der

Masuk atau Daftar

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Infodarianda.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.


IdA Lain-Lain